Review Dokter Kandungan & Bidan di Kota Bogor

pexels-pixabay-40568

Halo semuanya! Kali ini Aku akan membagikan pengalaman memeriksakan kandungan di beberapa dokter kandungan dan bidan yang ada di kota Bogor.

Well, kurang lebih ada tiga dokter kandungan dan satu bidan yang Aku pilih untuk memeriksakan kandunganku. Kenapa gak cukup satu orang aja? Karena faktor situasi, kondisi dan mencari yang pas di hati. Hehehe.

Siapa sajakah tiga orang dokter dan saru bidan tersebut? Simak sampai selesai yuk~


dr. Rahmawati Toenggal, Sp. OG

Pendaftaran

Untuk pendaftarannya sudah bisa dilakukan secara online. Bagi pengguna android, bisa mendownload aplikasi RS. PMI Bogor di playstore. Nanti disana kita dapat memilih hari dan jadwal sesuai dengan jam praktik dokter yang dituju. Sesudah itu, tinggal tunjukkan saja hasil pendaftaran via aplikasi ke loket pendaftaran yang ada di counter pada saat hari H kedatangan.

Jadwal Praktik

RS. PMI Bogor Klinik Afiat

  • Senin 14:00 – 17:00
  • Selasa 10:00 – 13:00
  • Rabu 13:00 – 16:30
  • Kamis 14:00 – 17:00
  • Jumat 09:00 – 13:00
  • Sabtu 12:00 – 16:00

Pengalaman

Aku memeriksakan kandungan di Dokter Rahmawati pada saat trimester pertama. Yang Aku suka dari beliau adalah jadwal praktik yang senin – sabtu dan antriannya tidak begitu lama. Berdasarkan hasil browsing, beliau praktiknya hanya di RS. PMI Bogor saja.

Kesan pertama saat bertemu beliau yang Aku rasakan adalah sangat keibuan. Beliau begitu tenang, informatif dan tidak buru-buru dalam menjelaskan sesuatu.

Pada saat Aku ketahuan menderita Kista, beliau pun memberikan penjelasan dengan cara yang menenangkan. Jadi Aku pun sebagai pasien tidak panik dan overthinking. Alhamdulillah saran beliau untuk rutin mengkonsumsi madu dan kurma dalam mengatasi kista benar-benar ampuh hingga pada akhirnya Aku pun sembuh.

Namun alasan Aku tidak kembali memeriksakan kandungan ke beliau bukan karena dokternya, melainkan karena keadaannya sedang Pandemi Covid-19.

Pada saat Aku pertama kali ke RS. PMI Bogor klinik Afiat itu pada saat bulan Maret. Aku merasa jika rutin tiap bulan kesana apalagi sekarang kasusnya terus meningkat agak ada sedikit rasa takut karena kan disana tidak hanya ada poli Kandungan saja tapi bermacam-macam. Jadi Aku menghindari untuk bertemu dengan orang banyak.

Selain itu, lokasinya pun agak jauh dari rumah sehingga kedua alasan tersebut yang membuatku tidak lagi memeriksakan kandungan disana.

Biaya

  • Pendaftaran + Konsultasi Dokter: Rp 140.000
  • USG 2D + Print: Rp 250.000
  • USG 4D: Rp 460.000

*Diluar biaya vitamin dan obat


dr. Ramadina Huliah, Sp. OG

Pendaftaran

Untuk pendaftaran dapat dilakukan dengan dua cara. Yaitu melalui aplikasi SehatQ dan menelepon langsung ke RSIA Nuraida dengan nomor (0251) 8368866.

Setelah melakukan pendaftaran dengan salah satu cara tadi, kita akan mendapatkan nomor antrian dan tinggal datang saja ke rumah sakitnya pada hari praktik dokter tersebut.

Jadwal praktik

RSIA Nuraida

  • Rabu 17.00 – 19.00 WIB
  • Jum’at 09.00 – 11.00 WIB

Pengalaman

Memeriksakan kandungan dengan dokter Ramadina tidak perlu menunggu antrian terlalu lama. Selain itu ada dua pilihan jadwal dalam satu minggu dengan waktu pagi atau sore. Jadi lebih fleksibel tentunya.

Sebenarnya saat pemeriksaan beliau sangat informatif, detail dan memberikan penjelasan yang memuaskan.

Namun sepertinya pada saat giliranku dalam ruangan pemeriksaan, rasanya agak diburu-buru. Mungkin ini pengalaman subjektif dari Aku saja ya. 

Biaya

  • Pendaftaran Pertama: Rp 10.000 
  • Buku Status Ibu & Anak: Rp 15.000
  • Konsultasi Dokter: Rp 175.000
  • USG 2D + Print: Rp 200.000

*Diluar biaya vitamin dan obat. Untuk pendaftaran pertama dan buku Status Ibu & Anak cukup membayar 1 kali saja dan tidak perlu membayar lagi pada saat pemeriksaan selanjutnya.


Vertina T., Amd. Keb

Pendaftaran

Pada saat di Klinik Afiah, pendaftaran langsung dilakukan di loketnya. Sebelumnya Aku sebagai pasien diminta mengisi form yang berkaitan dengan Covid-19. Isinya seputar apakah Aku pernah melakukan perjalanan keluar kota ataukah tidak, serta apakah Aku dalam beberapa hari terakhir mengalami batuk dan demam atau tidak.

Jadwal Praktik

Klinik Afiah

  • Senin 14:00 – 20:00
  • Selasa 14:00 – 20:00
  • Rabu 14:00 – 20:00
  • Kamis 08:00 – 14:00
  • Jumat 08:00 – 14:00
  • Sabtu 14:00 – 20:00

Pengalaman

Ini kali pertama Aku melakukan pemeriksaan ke Bidan. Tujuannya untuk menambah pengalaman baru aja sih. Alhamdulilah Bidan Vertina sangat informatif dan selama pemeriksaan cenderung santai. Penjelasan yang diberikan pun membuat Aku sebagai yang bertanya merasa puas.

Ketika pemeriksaan USGnya agak berbeda ketika dengan dokter. Bidan menggunakan USG sejenis doppler yang mana membantu untuk mendengar detak jantung bayi yang dikandung.

Beliau pun dapat mengecek posisi bayi hanya dengan memegang perutku saja, takjub banget sih Akutu hehe.

Biaya

  • Pendaftaran Pertama: Rp 10.000
  • Bidan Perkunjungan: Rp 20.000

*Belum termasuk biaya vitamin dan obat.


dr. Farah Dina, SpOG

Pendaftaran

Karena pasien yang akan memeriksakan kandungan ke Dokter Farah Dina ada banyak, maka ada sedikit perbedaan cara melakukan pendaftarannya. 

Beliau hanya melayani pasien yang memiliki usia kandungan 30 minggu ke atas dan pendaftaran hanya dapat dilakukan H-1 via telepon ke nomor (0251) 8368866 yang di mulai dari pukul 06:00 WIB.

Agak seru juga sih melakukan pendaftaran pemeriksaan ke beliau itu. Aku pernah standby jam 06:00 pagi untuk melakukan pendaftaran via telepon dan baru bisa terhubung dan diangkat pukul 06:23. Itupun mendapatkan nomor antrian ke 15 wkwkwk~

Jadwal Praktik

RSIA Nuraida

  • 13:00 – 15:00

Pengalaman

Pengalamanku memeriksakan kandungan ke Dokter Farah Dina sangat menyenangkan. Karena beliau informatif, detail dan tidak terburu-buru dalam menjelaskan.

Pernah dalam satu waktu Aku mendapatkan urutan terakhir. Awalnya Aku mengira bahwa akan terburu-buru ketika masuk ke dalam ruang pemeriksaan, mana pada saat itu sudah lewat dari jam praktiknya. Namun ternyata dugaanku salah, saat dilakukan pemeriksaan cenderung santai dan terkadang beliau mengeluarkan candaannya sehingga suasana pemeriksaan jauh lebih menyenangkan.

Biaya

  • Pendaftaran Rawat Jalan: Rp 20.000
  • Konsultasi Dokter: Rp 175.000
  • USG 2D + Print: 210.000

*Diluar biaya vitamin dan obat. Pendaftaran Rawat Jalan dibayar pada saat pasien memiliki usia kehamilan diatas 30 minggu.


Yup, sekian sharing pengalaman mengenai pemeriksaan kehamilan baik itu ke Dokter kandungan maupun Bidan.

Perlu diingat bahwa apa yang Aku tulis sebelumnya sifatnya subjektif dan murni berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi apa yang terjadi pada Aku mungkin tidak terjadi pada teman-teman, begitupun sebaliknya.

Semoga bisa membantu teman-teman bumil yang sedang mencari atau membutuhkan referensi yaa~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s