A Cruelty Free & Vegan Skin Care Routine (+Review)

IMG_2716

Prologue

Halo semuanya! Kali ini Aku mau sharing skin care routine yang Aku gunakan dari Januari 2020 hingga sekarang, tentu saja produk-produk yang Aku gunakan Cruelty Free dan Vegan. Selain itu, Aku pun tengah menghindari ingredients AHA dan BHA juga.

Oh iya, Aku memiliki kulit yang normal cenderung kering. Selama kehamilan  pun alhamdulillah gak ada masalah apapun seperti jerawat atau yang lainnya. Paling perawatannya Aku fokuskan untuk mencerahkan serta mencegah blackhead dan whitehead saja.

Jadi buat temen-temen yang mau tau produknya apa aja, yuk simak sampai selesai~


Step of Skin Care

213


A Skin Care Review

The Body Shop – Camomile Cleansing Balm

IMG_2714

Sebenarnya The Body Shop – Camomile Cleansing Balm ini Aku gunakan ketika sehabis keluar rumah saja,  jadi kalau seharian Aku hanya dirumah ya cleansing balm ini tidak Aku gunakan dan langsung menggunakan face wash saja.

Ngomongin soal The Body Shop – Camomile Cleansing Balm, Main ingredients dari The Body Shop – Camomile Cleansing Balm tentu saja si Camomilenya itu sendiri. Nah fungsi Camomile di cleansing balm ini memberikan soothing effect di kulit. Makanya setiap Aku pakai ini kulit wajah berasa lembap, halus dan adem aja gitu.

Cara pakainya pun gampang, tinggal colek-colek aja dari jar terus aplikasiin ke kulit wajah sambil dipijat-pijat. Setelah itu pakai kapas yang basah dan diusap deh. Ampuh banget untuk ngebersihin kotoran yang menempel di wajah setelah beraktifitas seharian diluar rumah. Tapi untuk kemampuannya ngehapus yang sifatnya waterproof Aku pribadi sih gak tau ya, karena emang gak pernah pakai juga kalo keluar rumah.

Oh iya, meskipun harganya Rp 199.000 untuk size 90 ml, tapi percayalah The Body Shop – Camomile Cleansing Balm ini a little goes a long way. Aku beli dari tahun kemarin dan sampai sekarang masih banyak isinya wkwkwk.

Beli di: Counter The Body Shop | Harga: Rp 199.000

Emina – Bright Stuff Face Wash

IMG_2689

Emina – Bright Stuff Face Wash memiliki kandungan Summer Plum Extract dan Vitamin B3 yang klaimnya bisa membersihkan, menghilangkan kotoran dan kulit kusam dari wajah, dan menjaga kelembaban wajah.

Nah kalo dilihat di ingredients listnya, kandungan glycerin ada di urutan kedua paling atas yang artinya konsentrasinya lebih banyak. Jadi gak heran, setiap Aku pake face wash ini, muka berasa lembap banget dan gak kering sama sekali.

Namun untuk kandungan Vitamin B3 yang berupa Niacinamide dan Summer Plum Extract berada di urutan tengah-tengah. Artinya konsentrasinya tidak begitu banyak. Sehingga jika kalian mengandalkan penggunaan face wash ini saja untuk mencerahkan kulit wajah, rasanya akan kurang nampol efeknya.

Tapi bagiku gak masalah sih, karena face wash ya tetaplah face wash. Selama kandungannya melembapkan, tidak membuat efek negatif di kulit dan tekstur saat diaplikasikan lembut ya gapapa. Aku tetap suka face wash ini hehehe. Selain itu harganya terbilang murah dan ukurannya yang travel-friendly menambah poin plus dari face wash ini.

Beli di: Alfamidi | Harga: Rp 27.500

Some by Mi – Yuja Niacin Brightening Toner

IMG_2684

Sejak pertengahan tahun kemarin, Aku seneng banget dengan brand Some By Mi ini. Karena harganya yang terbilang murah untuk kualitas ingredients yang bagus dan dapat bekerja dengan baik di kulit.

Salah satunya toner ini, bisa dibilang Some By Mi – Yuja Niacin Brightening Toner masuk kedalam kategori hydrating toner. Karena jika dilihat di ingredients listnya urutan pertama mengandung Citrus Junos Fruit Extract dengan konsentrasi 90% (Banyak banget kaan?), lalu urutan kedua ada Niacinamide dengan konsentrasi 5% (Untuk ukuran Niacinamide, ini presentase yang cukup besar) dan urutan keempat ada Glycerin.

Jadi Ingredients listnya sesuai dengan klaimnya ya, ada Citrus Junos Fruit Extract (Yuja) dan Niacinamide yang masing-masingnya memiliki konsentrasi yang cukup besar dan dikenal sangat efektif untuk mencerahkan wajah dan menghilangkan blemish di wajah. Serta kandungan glycerinnya yang mampu melembapkan kulit.

Tekstur dari Some By Mi – Yuja Niacin Brightening Toner sangat watery seperti layaknya air. Lalu yang membuat Aku amaze adalah meskipun dia hydrating toner, tetapi tetap mampu membersihkan kulit wajah. Terbukti setiap pakai ini, ada sisa-sisa kotoran debu yang menempel di kapas layaknya penggunaan exfoliating toner.

Selama penggunaan toner ini, Aku merasa kulit wajah lebih cerah dan lebih bersih. Some By Mi – Yuja Niacin Brightening Toner ini menjawab kebutuhan Aku dan mungkin saja teman-teman diluar sana yang sedang menghindari kandungan AHA & BHA tapi ingin mencari toner yang efektif serta affordable namun tetap aman digunakan.

Beli di: Ocean_Cosmetic | Harga: Rp 159.200

Some By Mi – Yuja Niacin Blemish Care Serum

IMG_2685

Some By Mi – Yuja Niacin Blemish Care Serum ini mengandung Citrus Junos Extract (Yuja) dan Niacinamide yang fungsinya mencerahkan dan memudarkan blemish di wajah.

Teksturnya cenderung watery tapi agak sedikit thick. Saat diaplikasikan sangat cepat menyerap di kulit dan tidak menimbulkan efek lengket sama sekali. Aplikatornya terbuat dari pump sehingga dalam pengaplikasiannya lebih higienis.

Selama Aku menggunakan Some By Mi – Yuja Niacin Blemish Care Serum, Aku merasa kulit wajah menjadi lebih lembap dan terhidrasi dengan baik. Tapi untuk mendapatkan efek mencerahkannya Aku rasa gak begitu cepat didapatkan deh, butuh waktu kira-kira tiga bulan baru bisa merasakan efeknya.

Beli di: Ocean_Cosmetic | Harga: Rp 160.000

Hanyul – Yuja Face Oil

IMG_2687

Sejujurnya untuk melembapkan dan menghidrasi wajah Aku lebih suka menggunakan face oil dibanding moisturizer. Karena menurutku face oil memiliki main ingredient yang konsentrasinya jauh lebih besar dan efeknya lebih cepat terasa.

Awalnya iseng aja beli Hanyul – Yuja Face Oil karena sedang diskon. Karena ya lumayan aja sih dengan size 30 ml dibanderol dengan harga kisaran 300 ribuan itungannya masih affordable. Karena biasanya kan face oil sizenya cimit-cimit dan harganya kisaran 400 ribu keatas.

Hanyul – Yuja Face Oil memiliki main ingredient Yuja yang fungsinya mencerahkan kulit wajah. Cara penggunaannya cukup ditetes sedikit aja dari pipet ke permukaan wajah. Teksturnya oily tapi surprisingly sangat cepat menyerap di kulit wajah. Karena mengandung Yuja, jadi wanginya ya wangi jeruk hohoho.

Yang Aku rasakan selama menggunakan Hanyul – Yuja Face Oil ini kulit menjadi well-hydrated banget, terus lebih halus, glowing dan bouncy. Untuk efek mencerahkannya sih membutuhkan waktu sekitar tiga bulanan. Oh ya, yang Aku suka dari produk ini, karena pemakaiannya cuma secimit aja, produk ini itungannya sangat awet dan tidak cepat habis. Jadi worth every penny lah yaa~

Beli di: Schminkhaus | Harga: Rp 369.000

Some By Mi – Yuja Niacin Brightening Sleeping Mask

IMG_2686

Setelah mencoba berbagai macam sleeping mask, Some By Mi – Yuja Niacin Brightening Sleeping Mask ini adalah satu-satunya sleeping mask yang paling Aku suka. Kenapa?

Karena lagi-lagi seperti typical produk-produk Some By Mi, key ingredients yang mereka punya high concentrated. Untuk Some By Mi – Yuja Niacin Brightening Sleeping Mask sendiri memiliki key ingredients Yuja dan Niacinamide yang dikenal mampu mencerahkan wajah dan memudarkan blemishes. Selain itu, harganya terbilang affordable.

Some By Mi – Yuja Niacin Brightening Sleeping Mask memiliki tekstur yang ringan seperti essence sehingga cepat sekali menyerap dikulit wajah. Saat digunakan pun gak ada efek greasy sama sekali dan wangi citrusnya bikin soothing aja gitu pas dipakai.

Beli di: Ocean_Cosmetic | Harga: Rp 170.000

COSRX – Aloe Soothing Sun Cream SPF 50 PA+++

IMG_2713

Setelah berkelana mencari sunscreen paling bagus, akhirnya Aku nemuin juga nih si sunscreen dari COSRX – Aloe Soothing Sun Cream SPF 50 PA+++. Selain memiliki SPF yang tinggi untuk melindungi kulit dari UV A, dia juga mengandung PA+++ yang melindungi kulit dari UV B.

Meskipun pas dikeluarin dari tubenya si tekstur sunscreen ini terlihat thick, tetapi ketika diaplikasikan di kulit wajah, lama-lama sunscreennya akan meresap dengan cepat tanpa memberikan rasa greasy dan terlihat oily sama sekali. Terus gak ada whitecastnya juga.

Beli di: Schminkhaus| Harga: Rp 150.000

Innisfree – Jeju Volcanic Color Clay Mask Yellow (Brightening)

IMG_2688

Salah satu seri masker berbahan dasar clay dari brand Innisfree, yaitu Innisfree – Jeju Volcanic Color Clay Mask.

77798051574630371838-removebg-preview

Nah masker ini hadir dengan berbagai macam varian dan dibedakan melalui warna yang memiliki fungsi yang berbeda-beda. Yaitu:

  • Kuning: Mencerahkan. Mengandung Jeju Volcanic Scoria yang berfungsi untuk mengontrol sebum dan membersihkan pori- pori & Vitamin C untuk memberikan hasil wajah yang tampak lebih cerah dan bersinar.
  • Biru: Melembapkan. Mengandung  Jeju volcanic yang berfungsi untuk mengontrol sebum dan membersihkan pori- pori dan hyaluronic acid untuk menjaga kelembapan kulit
  • Pink: Menyegarkan. Mengandung Jeju Volcanic Scoria yang berfungsi untuk mengontrol sebum dan membersihkan pori- pori & minyak biji Delima yang berfungsi untuk menyegarkan kulit
  • Hijau: Mengatasi Kulit Bermasalah. Mengandung Jeju Volcanic Scoria yang berfungsi untuk mengontrol sebum dan membersihkan pori- pori & Madecassoside yang berfungsi untuk memperbaiki bagian kulit yang bermasalah.
  • Ungu: Menenangkan. Mengandung Jeju Volcanic Scoria yang berfungsi untuk mengontrol sebum dan membersihkan pori- pori & panthenol yang berfungsi untuk menenangkan kulit iritasi
  • Putih: Menghaluskan. Mengandung Jeju Volcanic Scoria yang berfungsi untuk mengontrol sebum dan membersihkan pori- pori & Sea Salt yang berfungsi untuk merawat tekstur kulit dan menjadikannya lebih lembut dan halus.
  • Hitam: Membersihkan. Mengandung Jeju Volcanic Scoria yang berfungsi untuk mengontrol sebum dan membersihkan pori- pori & Mud yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dari kulit yang tersumbat untuk menjadikannya lebih bersih.

Diantara banyak varian dari Innisfree – Jeju Volcanic Color Clay Mask, Aku menggunakan varian Kuning yang memiliki fungsi mencerahkan. Alasannya simpel sih, karena lagi diskon aja jadi yaudah deh dibeli wkwkwk.

Cara menggunakan maskernya gampang banget, tinggal diaplikasiin di wajah dan diamkan selama 15 menit lalu bilas pakai air hangat. Wanginya sih seperti masker berbahan dasar clay pada umumnya dan teksturnya creamy banget.

Nah selama menggunakan Innisfree – Jeju Volcanic Color Clay Mask Yellow, personally Aku gak gitu ngerasa dapet efek mencerahkannya sih, cuma yang Aku notice masker ini efektif banget buat ngebersihin baik itu blackhead maupun whitehead. Hasil membersihkannya mirip dengan masker Charcoalnya Sensatia Botanicals yang seri dulu.

Setiap abis dibilas, pasti whitehead di sekitar hidung langsung keluar dan nonjol-nonjol gitu. Jadinya gampang kalo si whiteheadnya mau dipencet dan dikeluarin hehehe.

Hanya saja untuk performa mengatasi jerawat Aku kurang tau karena emang Aku tipe kulit yang jarang banget berjerawat.

Beli di: Ocean_Cosmetic | Harga: Rp 87.000


Conclusion

  1. Jika ingin menggunakan rangkaian produk Some By Mi tapi gak mau beli semua varian produknya, Aku sangat merekomendasikan diantara semua seri Some By Mi – Yuja Niacin untuk mencoba seri Sleeping Masknya. Karena Aku merasa hasil yang didapatkan jauh lebih cepat.
  2. Jika teman-teman memiliki tipe kulit Normal cenderung kering dan sedang menghindari toner yang mengandung AHA dan BHA ataupun yang baru mencoba dunia pertoneran, toner Some By Mi – Yuja Niacin Brightening Toner dapat dijadikan pilihan yang tepat.
  3. Jika teman-teman mencari masker yang berbahan dasar clay dengan harga kisaran Rp 100.000 kebawah, Innisfree – Jeju Volcanic Color Clay Mask dapat dijadikan pilihan yang tepat. Karena key ingredient claynya sendiri memiliki konsentrasi yang besar sehingga efektif untuk mengontrol sebum di wajah dan membersihkan pori-pori. Untuk variannya tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan kulit masing-masing.

Sekian sharing skin care yang Aku biasa Aku gunakan dan mini reviewnya. Semoga bermanfaat ya untuk teman-teman semua~

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s