A Cruelty Free & Vegan Skin Care Routine

IMG_0150.JPGHalo semua~

Udah lama gak ngomongin soal skincare hehehe. Di awal tahun ini Aku mau share skincare routine yang Aku gunakan mulai dari akhir tahun 2019 hingga sekarang. Semua produk yang Aku gunakan cruelty free dan vegan (Kecuali madu). Tanpa basa-basi, yuk dimulai aja!


Skin Type & Concern

Tipe kulitku itu normal. Tidak ada tekstur atau bopeng di wajah, tidak ada bekas jerawat dan pori-pori tidak besar. Concernku hanya sebatas melembapkan dan mencerahkan kulit wajah saja.

Oh iya, untuk skin tone kulit wajahku cenderung kuning. Shadenya 40 WY di range foundationnya Urban Decay – Stay Naked Weightless.


Step of Skin Care

213


A Skin Care Review

The Body Shop – Camomile Cleansing Balm

IMG_0152.JPGSetelah menggunakan beberapa bulan, Aku akhirnya ngerti kenapa cleansing balm ini jadi kesukaannya banyak orang. Karena emang produknya sebagus itu!

Main ingredients dari The Body Shop – Camomile Cleansing Balm tentu saja si Camomilenya itu sendiri. Nah fungsi Camomile di cleansing balm ini memberikan soothing effect di kulit. Makanya setiap Aku pakai ini kulit wajah berasa lembap, halus dan adem aja gitu.

Cara pakai cleansing balm ini sangat praktis. Cukup dicolek secuil pake jari, oles ke wajah, ratakan lalu tinggal gunakan tissue yang agak lembap dan di usap deh. Ta-da! Kotoran dan debu yang menempel di wajah hilang seketika~

Kemampuan untuk ngebersihin makeup waterproof sih gak gitu bisa cepet hilangnya, butuh effort berlebih. Tapi bakalan ilang, cuma gak secepat kalo pake makeup remover yang oil based. Aku sih gak gitu masalah soal ini, karena emang gapernah pake makeup waterproof untuk sehari-hari ataupun acara formal hehehe.

Meskipun ukuran jarnya terlihat kecil, tetapi percayalah Aku pake ini udah sekitar 4 bulan dan masih sisa sangat banyak. Bener-bener a little goes a long way. Selain itu bentuknya compact jadi praktis kalo dibawa kemana-mana.

Beli di: Counter The Body Shop | Harga: Rp 199.000

COSRX – Low pH Good Morning Cleanser

IMG_0120COSRX – Low pH Good Morning Cleanser ini sabun pencuci wajah yang diklaim aman digunakan bahkan untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Karena kandungan di dalamnya punya kadar acid yang sama dengan pH kulit.

Cleanser ini pun mampu memberikan efek soothing, mengeksfoliasi, melembapkan sekaligus membersihkan kulit wajah. Tentunya dalam kadar yang mild.

Yang Aku suka dari cleanser ini adalah dia punya tube yang besar dan setiap pemakaiannya cukup butuh secuil aja. Benar-benar cocok dengan jiwa kikir Saya HAHAHAHA.

Selain itu, Aku suka banget efek setelah pakai cleanser ini. Wajah berasa lembap, bersih dan bouncy. Mungkin karena cleanser ini mengandung banyak sekali ekstrak tanaman, mulai dari Styrax Japonicus Branch leaf Extract, Cryptomeria Japonica Leaf, ExtractNelumbo Nucifera Leaf Extract, Pinus Palustris Leaf Extract dan ekstrak-ekstrak lainnya.

Tapi yang rada pe-er sih kalo bawa si cleanser ini traveling. Karena penghubung antara tube dengan aplikator flipnya sering longgar dan kalo gak hati-hati bisa bocor kemana-mana huhuhu. But overall, Aku suka banget sama cleanser ini!

Beli di: Ocean_Cosmetic | Harga: Rp 105.600

Pixi – Glow Tonic

IMG_0124Satu-satunya exfoliating toner yang paling bagus yang pernah Aku pakai. Meskipun untuk size 250 ml dibanderol dengan harga 500 ribuan, tetapi percayalah exfoliating toner ini worth every penny. Butuh 9 bulanan untuk Aku ngabisin 1 botol ini dengan pemakaian setiap hari.

Pixi Glow Tonic ini mengandung 5% AHA yang fungsinya untuk mencerahkan wajah,  mengontrol minyak di wajah mengatasi masalah whitehead dan membersihkan kembali sisa-sisa kotoran yang menempel diwajah setelah double cleansing.

Cara pakainya cukup dituangkan beberapa tetes ke kapas lalu diaplikasikan ke kulit wajah secara merata. Jangan lupa juga diaplikasikan di leher.

Beli di: Schminkhaus | Harga: Rp 525.000

Blithe – Vital Treatment 5 Energy Roots

IMG_0155.JPGSebenernya ini tuh essence cuma Aku gabung aja pemakaiannya sebagai hydrating toner juga. Karena Aku rasa si Blithe ini multifungsi banget dan cocok di pasangin dengan Pixi Glow Tonic.

Jadi si Blithe – Vital Treatment 5 Energy Roots ini punya 46% ekstrak akar yang didapat dari Red Panax Ginseng, Grandiflorum Root Extract, Lanceolata Root Extract, Indian Lotus Leaf Extract, dan Greater Burdock Root Extract.

Fungsi dari tiap-tiap ingredientsnya kurang lebih untuk menenangkan kulit yang iritasi, memperbaiki warna dan tekstur kulit, menghidrasi dan membuat kulit menjadi glowing.

Kalo Aku sih ngerasain efek setelah menggunakan ini selama berbulan-bulan, kulit wajah terasa lebih well-hydrated, plump dan bouncy. Terus, pemakaian skin care setelah ini pun jadi lebih cepat meresap juga.

Cara pakainya cukup dituang beberapa tetes ke tangan lalu di tepuk-tepuk secara perlahan ke wajah. Nah meskipun sizenya 150 ml dan harganya 500 ribuan, tetapi si Blithe ini awet banget kok. Aku udah menggunakan secara rutin selama empat bulan dan masih sisa setengah di botolnya. Karena teksturnya yang gak runny jadi gak perlu banyak-banyak juga kalo mau dipakai.

Beli di: Schminkhaus | Harga: Rp 550.000

Some By Mi – Yuja Niacin Blemish Care Serum

IMG_0115Selama ini gak cocok dengan ingredients yang mengandung vitamin C. Tapi gak tau kenapa apapun yang mengandung Yuja baru deh bisa ngerasain efeknya. Aku suka banget dengan serum dari Some By Mi ini. Karena teksturnya sangat watery dan cepat sekali menyerap di kulit wajah. Wanginya pun enak dan calming banget. Efek brightening dari si Yuja dan Niacinamide ini kerasa banget dan gak ada rasa greasy sama sekali.

Beli di: Yeppene | Harga: Rp 173.700

Hanyul – Yuja Face Oil

IMG_0136Yuja Face Oil dari Hanyul ini cocok banget kalo yang Kamu cari face oil yang ringan dan sangat cepat meresap di kulit. Aku selalu pakai ini di pagi hari untuk menjaga kelembapan dan menghidrasi kulit selama beraktifitas.

Yang Aku rasain efeknya selama menggunakan ini yaitu kulit wajah jauh lebih lembap, menghidrasi, bouncy, plump dan glowing juga.

Sebenarnya ini bisa juga digunakan pada malam hari, tapi biasanya malam hari bawaannya udah keburu ngantuk dan mager kalo kebanyakan step skin carenya. Jadi Aku gunakan hanya pada pagi hari saja hahahaha

Beli di: Schminkhaus| Harga: Rp 369.000

Some By Mi – Yuja Niacin Brightening Sleeping Mask

IMG_0126Sleeping Mask paling oke yang kualitasnya disandingkan dengan Laneige Sleeping Mask. Jadi kalo kalian pengen banget pake sleeping mask yang cruelty free dan bisa mencerahkan wajah, cobain si sleepingnya Some By Mi yang seri Yuja Niacin Brightening ini.

Selain mengandung Yuja, si sleeping mask ini pun mengandung niacinamide yang seperti kita tahu bagus banget untuk mencerahkan wajah dan Aku pun bisa ngerasain efek ini. Selain itu, yang Aku suka dari sleeping mask ini cepet banget meresap di kulit tanpa meninggalkan kesan wajah oily.

Beli di: Ocean_Cosmetic | Harga: Rp 170.000

COSRX – Aloe Soothing Sun Cream SPF 50 PA+++

IMG_0119Setelah berkelana mencari sunscreen paling bagus, akhirnya Aku nemuin juga nih si sunscreen dari COSRX – Aloe Soothing Sun Cream SPF 50 PA+++. Selain memiliki SPF yang tinggi untuk melindungi kulit dari UV A, dia juga mengandung PA+++ yang melindungi kulit dari UV B.

Meskipun pas dikeluarin dari tubenya si tekstur sunscreen ini terlihat thick, tetapi ketika diaplikasikan di kulit wajah, lama-lama sunscreennya akan meresap dengan cepat tanpa memberikan rasa greasy dan terlihat oily sama sekali.

Beli di: Schminkhaus| Harga: Rp 150.000

The Ordinary – AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution

IMG_0132One of my holy grail product ever!. Chemical exfoliator paling ajib dalam bentuk peeling. The Ordinary ini mengandung 30% AHA yang dapat membantu mencerahkan dan meratakan kulit wajah. Serta memperbaiki tekstur kulit. Sedangkan BHA 2% membantu unutk mengatasi permasalahan komedo serta jerawat.

Cara pakainya tuangkan beberapa tetes di wajah lalu ratakan. Kemudian diamkan maksimal hingga 10 menit tapi Aku gapernah sampai 10 menit sih, biasanya kurang dari itu. Kemudian setelah itu tinggal dibilas deh!

Kalau wajah lagi kotor-kotornya, pasti pas pakai ini rasanya BEUH gremet-gremet gimana gitu. Sensasinya lebih luar biasa kalo dibandingin dengan pake masker madu doang. Tapi gapapa, karena Aku bener-bener puas dengan hasilnya.

Oh iya, karena Aku pakai si The Ordinary – AHA 30% + BHA 2% Peeling Solution ini cuma 2 minggu 1x saja, jadinya bener-bener hemat. Satu botol kira-kira bisa digunakan untuk 1 tahun.

Beli di: Schminkhaus | Harga: Rp 175.000

Al Shifa – Natural Honey

IMG_0138Aku suka banget dengan masker madu! Apalagi sebelumnya Aku terinspirasi dengan salah satu artikel di FemaleDaily jika ada seorang wanita yang kulit wajahnya tetap mulus di usia 40 tahun karena rutin menggunakan masker madu. Artikelnya bisa dibaca disini.

Setelah Aku rutin menggunakan masker madu, Aku benar-benar suka banget dengan hasilnya. Masker madu ini bisa bikin jerawat yang mau nongol tuh lebih cepet kering.

Terus, masker madu bener-bener ngebantu ngilangin bekas jerawat serta ngilangin komedo. Hal ini dikarenakan madu merupakan zat antiinflamasi dan juga antibakteri yang dapat mengatasi permasalahan jerawat serta komedo.

Selain itu, masker madu bikin kulit wajah jadi jauh lebih rata, lembap, plump dan bisa mencerahkan juga.

Saat menggunakan masker madu, Aku diamkan selama 1 jam di kulit wajah biar benar-benar bekerja, setelah itu dibilas menggunakan air. Kalo wajah lagi kotor-kotornya, pasti ada sensasi gremet-gremet gitu. Terutama disekitar area T-Zone.

Beli di: Yomart | Harga: Rp 38.000


Nah itu dia skin care routine yang Aku gunakan sehari-hari beserta review singkatnya. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang memiliki tipe kulit dan concern yang sama denganku atau hanya sekedar untuk mencari referensi skincare yang cruelty free dan vegan (Kecuali Madu).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s