[REVIEW] Emina – City Chic CC Cream

IMG_6242

Pas akhir November Aku iseng-iseng liat seller-seller di Shopee yang jual produk-produk lokal. Terus gak sengaja ngeliat Emina – City Chic CC Cream. Awalnya Aku kira itu tuh produk palsu. Soalnya saat itu juga Aku ngecek official website, official Instagram dan official Shopnya Emina di Shopee gak ada barang itu.

Baru deh pas pertengahan Desember Aku baru tau kalo Emina emang beneran jual si Emina – City Chic CC Cream setelah Aku liat beberapa reviewnya di Youtube wkwkwk. Lalu pas Aku ke counternya Emina yang ada di Ciwalk, si Emina – City Chic CC Cream udah tersedia! Yippie~

Karena harga si Emina – City Chic CC Cream di counter dan di Shopee sama (ada sih yang lebih murah, cuma perbedaan harganya gak nyampe Rp 10.000), yaitu Rp 55.000, akhirnya Aku beli deh yang di counter. Cuma sayang sih, pas di counternya tuh gak nyediain samplenya. Jadi gak bisa nyoba swatch dulu. Ya mungkin emang masih baru ya produknya. Bahkan di Instagramnya pun belum ada hehehe.

Beruntung ada mba BA yang ngebantu banget. Dia nyaranin kalo yang kulitnya medium ke dark, pakenya warna natural. Sedangkan yang kulitnya fair ke light, pakenya warna light.

IMG_6244

Klaim Produk

Klaim dari produk Emina – City Chic CC Cream yaitu:

Emina City Chic CC Cream diformulasikan untuk membantu meratakan warna kulit, menjaga elastisitas kulit dan memberikan efek kulit lembut halus.

Diformulasikan dengan vitamin E, ekstrak Aloe Vera, Apricot Oil dan Allantoin. Krim ini memberikan efek maksimal sebagai pelembap, alas bedak dan antioksidan. Dilengkapi dengan SPF 34 untuk memberikan perlindungan terhadap sinar UV.

Packaging

IMG_6239IMG_6237IMG_6240

Dari sisi packaging, seperti biasa produk Emina pada umumnya termasuk si Emina – City Chic CC Cream ini memiliki tampilan yang playful. Kemasannya didominasi warna orange pastel dan sedikit sentuhan baby pink. Tema warnanya sama dengan Emina – City Chic CC Cake Powder.

Packaging pembungkus dari Emina – City Chic CC Cream ini terbuat dari dus biasa. Di berbagai sisinya memuat informasi produk mulai dari deskripsi, klaim, cara penggunaan, ingredients, shade dsb.

Sedangkan untuk kemasan produknya sendiri terbuat dari plastik dengan permukaan doff. Permukaan doff ini memiliki poin plus enak ketika digenggam dan gak licin. Oh iya, karena aplikatornya berbentuk tube, sehingga ketika akan mengaplikasikan produknya jadi jauh lebih higienis.

Warna

b

Emina – City Chic CC Cream memiliki warna putih namun ketika di blend akan berubah warna menjadi beige. Lalu setelah diaplikasikan ke wajah, warnanya akan menyesuaikan dengan kulit kita. Btw, undertone dari shade Natural ini Kuning, seperti umumnya undertone kulit wanita di Indonesia. Jadi gak akan keliatan abu-abu jika digunakan.

Tekstur

Untuk texturewise, Emina – City Chic CC Cream ini jika dilihat sekilas kek yang padet gitu, tapi jika diblend dikulit wajah, glide smoothly banget dan berangsur-angsur menjadi ringan. Mungkin karena ada kandungan vegetable oil dan aloe veranya kali ya jadinya lebih gampang ketika diblend. Nah karena itulah, playtime dari Emina – City Chic CC Cream lebih lama dan gak cepet nge-set gitu.

Wangi

Aku ngerasa ada wangi bunga floral gitu, tapi gak terlalu strong. Wangi dari Emina – City Chic CC Cream bakalan bener-bener kecium kalo diendus-endus berkali-kali.

Ingredients

Ingredients dari  Emina – City Chic CC Cream yaitu:

Aqua, Cyclopentasiloxane, Ethylecyl Methoxycinnamate, Cyclomethicone, Dipropylene Glycol, Capryly Methicone, Isododecane, PEG-9 Dimethicone, Titanium Dioxide, Nylon-12, Stearic Acid, Zinc Oxide, Cyclohexasiloxane, Sodium Chloride, Propylene Glycol, Ethyexyl Palmitate, Soritan Olivate, Silica, Disteardimonium Hectorite, Phenoexythanol, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Extract, Dimethicone/ Vinyl (Silica), Polymethylsilsequioxane, Tocopheryl Acetate, Propylene Carbonate, Allantioin Prunus Armeniaca (Apricot), Kernel Oil, Ethylexlglcerin, Disodium EDTA, Olus (Vegetable) Oil, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate, Tocopherol, Trimethylsiloxysilicate, Polyester-1, Boron Nitride, Aluminum Hydroxide.

Pigmen warna yang terkandung dalam Emina – City Chic CC Cream yaitu:

Cl 77891, Cl 77492, Cl 77491 & Cl 77499

Nah, kalo dari yang Aku liat, ingredients list Emina – City Chic CC Cream untuk urutan 14 teratas, yang artinya kandungan tersebut memiliki konsentrasi yang lebih tinggi, itungannya termasuk kandungan yang biasa terdapat dalam sunscreen. Jadi, jika melihat klaim bahwa Emina – City Chic CC Cream memiliki perlindungan dari matahari sebesar SPF 34 bukan sebuah gimmick ya.

Hanya saja, perlindungan SPF 34 ini baru melindungi kulit dari UV A aja dan belum termasuk UV B. Jadi, makanya di packaging dus Emina – City Chic CC Cream menyarankan jika menggunakan Emina – City Chic CC Cream jangan terlalu lama dibawah sinar matahari meskipun menggunakan sediaan tabir surya dari produk ini.  All in all, wajib hukumnya menggunakan sunscreen terlebih dahulu ya gengs!

Sedangkan untuk klaim produknya yang mengatakan mengandung Vitamin E, ektstrak Aloe Vera, Apricot Oil dan Allantoin jika dibandingkan di ingredients listnya justru ada di urutan terakhir. Yang artinya kandungan tersebut memiliki konsentrasi yang tidak cukup tinggi.

Namun, mengingat konsep produk ini yang semacam all in one yaitu meratakan warna kulit, menjaga elastisitas kulit, memberikan efek lembut serta perlindungan SPF 34, menurutku sedikit termaafkan. Karena pasti akan ada ingredients yang harus memiliki konsentrasi yang lebih banyak dibandingkan yang lain demi memenuhi semua klaim tersebut.

Nah untuk Emina – City Chic CC Cream sendiri, jika melihat ingredients listnya sepertinya lebih mengutamakan klaim SPF 34 terlebih dahulu baru deh klaim meratakan warna kulit dan dilanjutkan dengan memberikan efek lembut serta menjaga elastisitas kulit. Gituuu~

Nah ngomong-ngomong soal klaim kandungan Emina – City Chic CC Cream , berikut ini adalah manfaat-manfaatnya untuk kulit:

  • Vitamin E: Menutrisi kulit, anti-aging agent, melembapkan, mencegah sunburns dll.
  • Aloe Vera: Melembapkan kulit, sebagai anti inflamasi, sebagai acne properties, anti-aging agent dll.
  • Apricot Oil: Melembapkan & menutrisi kulit,
  • Allantoin: Melembapkan, anti-aging agent, menutrisi kulit dll.

Emina – City Chic CC Cream Waterproof?

a

Jadi sebelum mantep untuk beli Emina – City Chic CC Cream, Aku liat review dari salah seorang youtuber yang bilang kalo cc cream ini waterproof.

Nah sebagai percobaan, jadi Aku nyiapin dua buah kertas putih. Kertas yang pertama gak diaplikasiin apa-apa sedangkan kertas kedua diaplikasiin Emina – City Chic CC Cream. Lalu diatas kertas itu Aku taro sedikit air.

c

Setelah 40 menit kemudian, air yang ada di kertas tanpa diaplikasikan apa-apa sudah hilang karena teresap ke kertas. Sedangkan untuk kertas yang diaplikasikan Emina – City Chic CC Cream sebagian masih ada dan sebagian lainnya sudah teresap di kertas.

Jadi dari percobaan sederhana ini dapat disimpulkan bahwa Emina – City Chic CC Cream tidak waterproof. Hanya saja dia memperlambat proses penyerapan air. Nah, kalo diliat di ingredients listnya, ada dua jenis silica yang digunakan. (Buat yang pengen kepo soal silica, bisa baca disini ya)

Asumsiku pribadi sih, berdasarkan percobaan diatas dan kalo baca ingredients listnya, Emina – City Chic CC Cream ditujukan untuk mengisi dan membuat pori-pori di kulit tampak tersamarkan.

Dan emang bener aja, pas dicobain ke Ibuku yang notabenenya kulit wajah beliau pori-porinya gede dan ada bopeng bekas jerawat, makin lama setelah si Emina – City Chic CC Cream diaplikasikan, pori-pori dan bopengnya tampak ngeblur gitu.

Oh iya sebagai tambahan yang mendukung asumsi pribadiku kalo Emina – City Chic CC Cream ini gak waterproof adalah produk ini emang susah ilangnya kalo pake air biasa, harus bener-bener digosok secara hardcore gitu. Tapi si Emina – City Chic CC Cream bakalan ilang secara effortless kalo udah pake micellar water doang.

What I Like & Dislike

Yang Aku suka dari Emina – City Chic CC Cream yaitu:

  1. Harganya murah dan isinya banyak. Cukup sedikit penggunaan aja udah bisa untuk seluruh permukaan kulit wajah
  2. Untuk shade natural warnanya undertone kuning. Jadi cocok dipake untuk mayoritas wanita Indonesia
  3. Teksturnya seperti moisturizer biasa. Lightweight ketika digunakan dan gak ada rasa lengket setelah diaplikasikan.
  4. Semakin lama digunakan, warnanya akan menyatu dengan kulit. Emina – City Chic CC Cream ini bikin kulit kamu seperti your skin but better
  5. Untuk kulitku yang sensitif, gak ada rasa panas atau gatal-gatal sama sekali
  6. Packagingnya berbentuk tube jadi jauh lebih higienis
  7. Kemasannya kecil jadi gak makan tempat kalo dibawa travelling
  8. Buat yang hobi berenang dan pengen muka tetep oke, bakalan cocok pake Emina – City Chic CC Cream

Yang tidak Aku suka dari Emina – City Chic CC Cream yaitu:

  1. Ketika menggunakan Emina – City Chic CC Cream dan sedang shalat, memperlama proses air wudhu masuk ke pori-pori kulit. Sehingga jika ingin lebih praktis jika ingin menggunakan produk ini harus dalam keadaan halangan. Atau jika emang pengen banget pake Emina – City Chic CC Cream, sebelum shalat harus dihapus dulu pake micellar water dan setelah shalat baru deh di re-apply. 
  2. Pas pertama kali kemasannya dibuka, isi si Emina – City Chic CC Cream langsung “nyembur” gitu. Jadinya bleber kemana-mana.

Catatan Tambahan

  1. Coveragenya light banget, jadi buat yang bermasalah dengan bekas jerawat, bintik hitam di wajah ataupun yang mencari cc cream dengan coverage medium to full, bakalan gak suka dengan cc cream ini. Tapi, buat yang kulitnya udah mulus dan gak banyak yang harus ditutupin atau cuma sekedar pengen kulit warnanya rata, Emina – City Chic CC Cream might for you
  2. Buat yang pengen tetep kulit warnanya rata tapi pengen shalat juga, Aku saranin sih pake yang versi powdernya aja. Karena performa untuk ngeratain kulit sama bagusnya.

Final Tought

Nah dari pemaparanku sebelumnya, Emina – City Chic CC Cream ini sangat Aku rekomendasikan karena harganya murah, klaimnya sesuai dan udah ada SPF 34nya. Namun dari semua klaimnya tentunya ada beberapa catatan yang harus diperhatikan sebelum mantep untuk beli ini. Tapi, ujungnya dari semua catatan itu masih bisa banget diakalin. All in all, Emina – City Chic CC Cream still recommended!


Emina – City Chic CC Cream

Harga: Rp 55.000

Beli di: Counter Emina

Size: 12 ml

PAO: 12 bulan

Rate: 4/5

Repurchase: Yes


2 thoughts on “[REVIEW] Emina – City Chic CC Cream

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s