Pengalaman Kuliah Ekstensi Teknik Sipil di UNJANI

89AFF8DD-24FA-44E8-9696-4C2B102AFBBF.JPG

Setelah di postingan sebelumnya Aku menceritakan pengalaman kuliah di Teknik Sipil POLBAN, kali ini Aku akan membagikan pengalamanku kuliah Ekstensi jurusan Teknik Sipil di UNJANI.

Buat yang belum tau, jadi Ekstensi adalah program alih jenjang dari D3 (diploma) ke S1 (sarjana). Karena sewaktu di POLBAN, latar belakang pendidikanku adalah D3, maka dari itu untuk melanjutkan pendidikan S1 Aku mengikuti program Ekstensi.

Kalo Kamu mengambil program Ekstensi jurusan Teknik Sipil, maka lokasi kampusnya yang berada di Cimahi, lebih tepatnya di daerah Cibeber.

Agar lebih terstruktur dan sistematis, kali ini Aku akan menjelaskan berdasarkan point-point seperti dibawah berikut:

UJIAN MASUK

Kalo program Ekstensi di UNJANI itu gak ada ujian masuknya. Kita cukup melakukan pembayaran untuk pendaftaran ke bank BNI di kampus, lalu datang kebagian informasi di gedung Rektorat sambil membawa berkas Ijazah dan transkrip nilai yang sudah di legalisir, foto berukuran 4 x 6 (jumlah pastinya lupa), berkas selain dari itu agak lupa-lupa ingat sih, tapi yang jelas kurang lebih seperti itu.

Nah, setelah Kamu daftar dibagian Informasi, nanti Kamu akan diberikan kartu ujian. Lalu Kamu akan diinstruksikan menunggu pengumuman kelulusan di website PMB UNJANI. Kalo udah dinyatakan lulus, nanti Kamu ke kampus lagi untuk membayar biaya semester 1.

BIAYA

Biaya perkuliahan ketika Aku masuk (Angkatan 2016) adalah sebagai berikut:

biaya

Nah yang meringankan beban bagi kalian yang kuliah dan bekerja adalah program Ekstensi di UNJANI ini tidak perlu membayar biaya bangunan. Selain itu, biaya perkuliahan dapat dicicil dan harus sudah lunas ketika UTS.

Total biaya Rp 21.750.000 tersebut adalah akumulasi biaya yang Aku keluarkan selama kuliah Ekstensi di UNJANI. Biaya tersebut sudah termasuk sidang proposal, sidang tugas akhir, bimbingan dan wisuda.

Tentunya, biaya kuliah yang waktu Aku bayar pada saat itu akan mengalami kenaikan setiap tahunnya, sehingga sebaiknya Kamu rajin cek website PMB UNJANI disini.

JUMLAH MAHASISWA DI KELAS

Jumlah mahasiswa di kelas untuk program Ekstensi jurusan Teknik Sipil tidak terlalu banyak sih. Kalo angkatan Aku (Tahun 2016), awal masuk jumlah mahasiswanya ada 15orang. Tetapi yang bertahan hingga semester akhir hanya ada 12 orang

Jumlah mahasiswa yang sedikit ini sangat membantu dalam pembelajaran sih. Karena kalo berdasarkan preferensi pribadi, Aku gak begitu suka dengan kelas yang jumlah mahasiswanya banyak. Karena membuatku agak kesulitan untuk fokus.

SISTEM KONVERSI NILAI

Saat masih awal perkuliahan, Kita akan diminta fotokopian transkrip nilai dan nantinya akan diberikan ke TU. Si fotokopian transkrip nilai ini nantinya akan dikonversikan ke mata kuliah yang ada di jurusan Teknik Sipil UNJANI.

Namun, jika ada mata kuliah yang ada di jurusan Teknik Sipil UNJANI namun tidak ada di transkrip D3 Kita, maka nilainya menjadi C. Tapi tenang aja, karena biasanya mata kuliah ini memiliki SKS yang tidak lebih dari 2, sehingga tidak begitu berdampak besar pada akumulasi nilai IPK Kita.

MATA KULIAH

Nah, setelah nilai transkrip kita di konversi, berikut ini adalah mata kuliah yang akan Kita pelajari selama kuliah Ekstensi di UNJANI.

Mata Kuliah

Agar kebutuhan SKS S1 terpenuhi dan disesuaikan dengan mata kuliah dari D3 ke S1, maka SKS yang akan ditempuh kurang lebih sebanyak 45 SKS dan ditempuh selama 4 semester atau 2 tahun.

Mata kuliah ini sudah diberikan dalam bentuk sistem paket, jadi sebagai mahasiswa kita tinggal mengikuti saja.

JADWAL KULIAH

jadwal kuliah

Untuk jadwal kuliahnya, mulai dari hari Rabu hingga Jumat. Untuk angkatan Aku (tahun 2016), pada semester 3 ada jadwal kuliah hingga hari Sabtu. Namun, mulai angkatan 2017, jadwal kuliah dipadatkan sehingga hanya hari Rabu s/d Jumat saja.

Jadi clear ya, kuliah Ekstensi jurusan Teknik Sipil di UNJANI itu hanya hari Rabu s/d Jumat saja. Selebihnya, tidak ada kuliah hari Sabtu dan Minggu.

Oh iya, dosen-dosen dikelas memaklumi jika Kamu terlambat masuk kelas dikarenakan bekerja dan lokasi kantornya jauh dari Kampus. Karena biasanya, anak-anak ekstensi di UNJANI kebanyakan sudah ada yang bekerja.

Kalo berdasarkan pengalamanku, lokasi kantor Aku tuh kan di Cikutra dan pulang jam 5 sore, sehingga kalo setiap pergi ke kampus itu pasti telat dan tiba setelah maghrib. Tetapi Alhamdulillahnya dosen-dosen udah ngerti dan maklum banget. So no need to worry yaa~

Sedangkan untuk jam kuliahnya, sebenernya ga mesti mulai dan selesai jam segitu. Ada dosen yang lebih awal mengakhiri jam pelajaran, namun ada juga dosen yang melebihi jam pelajaran. Bahkan pernah selesai jam pelajaran itu hingga pukul 22:00 malam.

SISTEM PERKULIAHAN

  • Absen

Untuk absen, Alhamdulillahnya program Ekstensi ini agak lebih selow sih ya meskipun tetep gak bisa titip absen juga.

Kalo kalian tiba-tiba harus ijin atau sakit, cukup kabarin ketua kelasnya dan keesokannya ngasih surat ke TU.

  • Dosen dalam Mengajar

Dosen-dosen yang mengajar program Ekstensi, kebanyakan dosen yang masih muda, tapi ada sih dua dosen yang sudah senior yang mengajar kelasku.

Dalam pemaparannya, dosen-dosen tersebut menjelaskan cukup baik dan dapat dimengerti. Namun ada satu atau dua dosen yang menurut preferensiku pribadi agak membuatku membutuhkan waktu lebih banyak untuk benar-benar memahami pemaparan yang diberikan.

  • Materi yang Diberikan

Materi yang diberikan pada program Ekstensi di jurusan Teknik Sipil UNJANI menurutku sangat baik dan jauh lebih spesifik. Terutama untuk bidang konsentrasi Struktur, Air dan Transportasi. Untuk lebih lanjutnya, seperti sebagai berikut:

Struktur: Dinamika Struktur, Mekanika Rekayasa 4, Rekayasa Gempa, Struktur Beton Prategang & Perancangan Bangunan Gedung

Air: Rekayasa Pantai, Pemodelan Hidraulik, Perancangan Bendungan Air & Rekayasa Pelabuhan

Transportasi: Geometrik Lintasan, Perancangan Jalan Raya, Rekayasa Jalan Rel, Rekayasa Bandara & Keselamatan Jalan Raya

Manajemen: Ekonomi Rekayasa

Mata Kuliah Pendukung: Statistika & Probabilitas, Metode Penelitian & Studi Pengembangan Wilayah

  • Tugas

Jangan pernah mikir kalo kuliah Ekstensi di UNJANI itu bakalan santai dan bebas tanpa tugas. Jika kalian berpikiran seperti itu, kalian salah besar.

Kalo sebelumnya kalian kuliah di POLBAN dan ambil program Ekstensi di sini, kurang lebih ritme banyaknya tugas yang dikerjakan akan sama seperti saat kalian kuliah di POLBAN. Iya, banyak banget!

Terutama ketika semakin naik semester, maka banyaknya tugas kuliah pun terus naik. Wkwkwk, jadi bersiaplah untuk kalian yang kuliah sambil bekerja. Karena akan ada waktu kalian yang tersita demi menyelesaikan tugas-tugas tersebut.

Berdasarkan pengalamanku, mulai masuk semester 3, Aku udah jarang banget pulang kerumah. Hidup Aku nomaden dari satu kosan ke kosan lain demi mengerjakan tugas. Bahkan Aku dan beberapa temen sekelas sempat tidur di Masjid sepulang mengerjakan tugas besar di Mc Donalds Cimahi karena kosannya temenku ini udah di gembok dan kita beres dari Mc Donlads jam 03:00 subuh.

Kalo untuk sistem tugasnya, ada yang dikerjakan secara perorangan dan ada yang dikerjakan secara berkelompok. Untuk mata kuliah yang tugasnya dikerjakan perorangan adalah mata kuliah Dinamika Struktur, Mekanika Rekayasa 4, Ekonomi Rekayasa, Statistika & Probabilitas & Rekayasa Bandara.

Lalu, untuk mata kuliah yang pasti ada tugas besarnya adalah mata kuliah Geometrik Lintasan, Perancangan Jalan Raya, Perancangan Bangunan Gedung, Metode Penelitian.

Tapi percayalah, semua tugas-tugas ini akan sangat membantu kalian dalam memahami materi mata kuliah tersebut. Jadi, buat kalian yang benar-benar ingin melanjutkan pendidikan D3 ke S1 yang lokasinya di Bandung dan ingin mendapatkan ilmu, disinilah tempatnya~

  • Tugas Akhir

Tugas Akhir di program Ekstensi, dikerjakan oleh dua orang. Untuk konsentrasi bidang yang bisa diambil ada geoteknik, struktur, air dan transportasi. Nah untuk bidang konsentrasi struktur, pas angkatan Aku tuh ada ketentuan gitu. Kalo mau ambil topik tentang perancangan atau pemodelan, minimal harus ada analisa push-overnya.

Namun untuk bidang konsentrasi yang lain seperti geoteknik, air dan transportasi Aku agak kurang begitu paham batasan topiknya tuh minimal haus seperti apa.

Menurutku pribadi, hal ini cukup menarik dan menantang banget sih. Karena artinya program Eksetensi di UNJANI ini gak cuma asal sekedar lulus dan ambil topik tugas akhir yang common. Si mahasiswa Ekstensi ini dianggap setara dengan mahasiswa reguler dan diberikan tantangan yang sama.

AKHIR KATA

Nah itu dia pengalamanku kuliah Ekstensi jurusan Teknik Sipil di UNJANI. Alhamdulillah setelah dua tahun berkutat dari Margaasih (Rumah) – Cikutra (Kantor) – UNJANI (Kuliah) dan menempuh jarak kurang lebih 45 km, akhirnya selesai juga!

Jadi, buat kalian yang sedang mencari-cari info kuliah Ekstensi ataupun yang ingin melanjutkan Ekstensi di UNJANI, semoga Allah melancarkan segala urusan kalian ya. Selamat berjuang!

2 thoughts on “Pengalaman Kuliah Ekstensi Teknik Sipil di UNJANI

  1. Halo ka, terimakasih sudah berbagi pengalamannya. Saya mau nanya, adakah syarat2 untuk mengikuti program ekstensi semisal ipk saat D3 harus >3.00 ? Terimakasih ka

    Like

    • Halo Sha terima kasih banyak sudah mampir~
      Sewaktu Aku masuk hingga info terakhir saat ini tidak ada persyaratan khusus untuk program ekstensi jurusan Teknik Sipil di Universitas Jenderal Achmad Yani. Semoga bisa membantu yaa.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s