[REVIEW] Growgrin Bamboo Toothbrush

2Sikat gigi adalah salah satu benda yang biasa digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Terutama saat pagi hari dan malam hari. Penggunaan sikat gigi berbahan plastik adalah hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Karena harganya jauh lebih murah, varian warna yang beragam dan mudah dibeli di supermarket terdekat. Namun tanpa sadar, penggunaan sikat gigi berbahan plastik ini pun turut menyumbangkan sampah plastik yang besar lho.

Coba kita itung-itungan deh, kalo satu tahun seseorang ganti sikat gigi 4 kali, nah sekarang kali dengan 200 juta penduduk di Indonesia. Ada berapa tuh? Yap, 800 juta sampah sikat gigi plastik mencemari lautan dan juga daratan di Indonesia.

3

Emangnya kenapa kalo ada 800 juta sampah sikat gigi plastik? Bahaya banget ya?

Iya, bahaya banget, satu sikat gigi plastik itu butuh ratusan tahun untuk terurai. Lah, gimana kalo ada 800 juta? Lautan dan daratan bakalan tercemar, hewan dan tumbuhan juga bakalan kena imbasnya. Pada akhirnya yang rugi adalah manusianya sendiri.

Untuk itulah, karena ada guilty pleasure yang Aku rasakan setelah mengetahui fakta ini, sekitar 1,5 bulan yang lalu Aku mengganti sikat gigi lamaku dengan sikat gigi berbahan dasar bamboo dari brand Growgrin.

87567

Singgung sedikit soal brand ini, jadi Aku tau brand Growgrin ketika Aku searching di Shopee pas lagi nyari barang-barang kebutuhan yang zerowaste. Brand Value dari Growgrin inilah yang bikin Aku sangat respect dan tertarik, karena Growgrin hadir atas keresahan dan sulitnya mencari produk yang ramah lingkungan, berkualitas dan terjangkau untuk kehidupan sehari-hari warga Indonesia, ya salah satunya adalah toothbrush ini.

Sewaktu Aku beli Bamboo Toothbrush ini harus ikut PO dulu, gak lama kok cuma 1 minggu aja. Saat barangnya dateng, Aku bener-bener antusias pengen banget coba. Oh iya, satu hal yang bikin Aku salut adalah packaging pengiriman dari Growgrin ini bener-bener gak pake plastik. Sayangnya Aku lupa foto sih pas paketnya dateng, huhuhu

Deskripsi dari Growgrin Bamboo Toothbrush yaitu:

  1. Handle terbuat dari Moso Bamboo. Moso Bamboo adalah salah satu tanaman paling cepat tumbuh di dunia dan tidak dikonsumsi panda, sehingga tidak merugikan ekosistem mereka. Moso Bamboo mengandung anti bakterial alami,
  2. Bahan handle 100% Biodegradable. Biodegradable adalah kemampuan untuk terurai dengan aman dan relatif cepat,
  3. Sikat berbahan lembut. Sikat terbuat dari bahan nylon BPA FREE,
  4. Terdapat dua ukuran. Ukuran dewasa, panjang 17,5 cm dan ukuran anak 14,5 cm.

Manfaat Produk:

  1. Membersihkan gigi dengan sampah minimal
  2. Bahan sikat lembut sehingga aman untuk gigi sensitif dan gusi mudah berdarah
  3. Eco-friendly, animal friendly, cruelty free, zero waste (Setelah digunakan, handle dapat dikompos dan terurai sempurna)

Saran Penggunaan

  1. Setelah selesai digunakan, jaga sikat gigi agar selalu tetap kering
  2. Ganti sikat gigi setiap 3 bulan sekali
  3. Setelah selesai masa penggunaan, pisahkan bristle dengan gagang menggunakan tang. Handle dapat dikompos dan bristle dapat di recycle di bank sampah.
30590995_1988436824751282_7467568914961006592_n.jpg
Cara dispose Bamboo Toothbrush yang benar. Sumber: https://bit.ly/2m1gVUd

Pengalamanku selama 1,5 bulan menggunakan Growgrin Bamboo Toothbrush ini awal-awal penggunaan agak ngerasa beda aja, mungkin karena masih baru sikat giginya sehingga somehow Aku ngerasa agak keras. Gusiku ini super sensitif, sehingga kadang ada sedikit berdarah. Tapiiii, hal ini normal sih untukku, karena ketika Aku pake sikat gigi berbahan plastik aja masih ngerasa kaya gini di awal-awal pemakaian.

Nah, untungnya drama gusi berdarah ini gak lama kok. Sekitar 1 mingguan aja dan semua kembali normal. Aku udah mulai ngerasa enak dan cocok aja pake Growgrin Bamboo Toothbrush ini. Semakin lama dipake, semakin enak di gigi. Selain buat bersihin gigi, Aku pake untuk sikat lidah dan overall gak ada masalah. Untuk penyimpanan sikat giginya, Aku usahakan selalu tetap kering dengan cara digantung.

1
Penggunaan sikat gigi setelah 1,5 bulan

Jadi, Aku sangat merekomendasikan sikat gigi menggunakan bahan yang terbuat dari Bamboo. Kalo kalian tertarik untuk beli dan coba, bisa dibeli di shopee ya, lumayan kan ada fitur gratis ongkir. Hehehehe~


Growgrin Bamboo Toothbrush

Harga: Rp 25.000

Beli di: Shopee

 Rate: 5/5

Repurchase: Yes


 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s