Skincare untuk Laki-laki?

IMG_5683

Jadi, beberapa minggu yang lalu Aku pernah bikin survei di Instagram Story mengenai pendapat para teman-teman yang memfollowku tentang skin care & laki-laki. Pertanyaan ini terinspirasi oleh dari pertanyaan beberapa teman-temanku yang laki-laki mengenai seputar skincare, jadi kenapa enggak untuk dibikin di blog?

Oh iya, berikut ini adalah hasil surveinya

IMG_5373

Dari sekitar 500-an responden, yang lebih didominasi oleh laki-laki dibanding perempuan, 85%nya menganggap bahwa laki-laki butuh menggunakan skincare. Jadi bisa diasumsikan bahwa skincare tidak identik dengan wanita dan hal yang berbau feminim, karena skincare bersifat universal dimana baik itu laki-laki maupun perempuan memang perlu untuk merawat diri, terutama merawat kulit wajah yang notabenennya sangat menunjang penampilan dan percaya diri.

Namun sebelum membahas lebih lanjut soal skincare untuk laki-laki, ada artikel menarik hasil tulisannya kan Anetta yang pernah Aku baca di Female Daily. Kalo mau dibaca, bisa klik link disini. Jadi intinya didalam artikel itu adalah hasil wawancara kak Anetta dengan salah satu dokter kulit bernama Jimmy Chandra. SpKK.

Pasti temen-temen pernah punya temen laki-laki yang mukanya gak diapa-apain tapi tetep mulus-mulus aja dong? Nah ternyata emang ada penjelasannya loh. Menurut artikel yang pernah Aku baca di Female Daily (link DISINI). Didalam artikel itu adalah hasil wawancara kak Anetta dengan salah satu dokter kulit bernama Jimmy Chandra. SpKK.

Sang dokter menjelaskan bahwa perbedaan kulit perempuan dan laki-laki adalah terletak pada hormon. Kelenjar minyak pada kulit laki-laki cenderung lebih aktif. Makanya itulah kenapa kulit laki-laki lebih berminyak dan pori-porinya terlihat dengan jelas.

Lalu, secara sturktur dasarnya, kulit laki-laki memang lebih tebal dibandingkan dengan perempuan. Kulit yang tebal pada laki-laki terkandung kolagen yang lebih padat. Makanya kulit laki-laki cenderung “tahan banting”, dikarenakan kolagen yang dimilikinya lebih padat. Namun setahan banting apapun kulit yang dimiliki pria, gak menutup kemungkinan untuk perlu dirawat.

Nah, setelah memahami bahwa ternyata ada penjelasan mengapa kulit laki-laki cenderung tahan banting, kali ini Aku akan memberikan rekomendasi produk-produk skincare untuk laki-laki yang paling minimal, sederhana dan efektif.

456789

List produk skincarenya kan udah ada, sekarang Aku bakalan bahas satu-satu urutan pemakaiannya mulai dari pagi, malam dan mingguan.

1

Morning Skincare Routine

Step 1. Cuci muka menggunakan Hadalabo Tamagohada Mild Peeling Face Wash lalu bilas menggunakan air bersih.

Step 2. Gunakan toner Emina The Bright Stuff Toner. Cara menggunakannya tuangkan toner ke kapas lalu aplikasikan ke seluruh permukaan wajah.

Step 3. Gunakan Hada Labo Gokujyun Light Lotion for Oily Skin. Caranya tuangkan 3 tetes ke telapak tangan, lalu tepuk-tepuk ke wajah. Ulangi sebanyak 3 kali agar kulit wajah terhidrasi dan lembap. Btw, Hada Labo Gokujyun Light Lotion for Oily Skin mengandung tiga jenis hyaluronic acid, kandungan ini benar-benar bagus untuk melembapkan dan menghidrasi kulit.

Step 4. Gunakan Innisfree Perfect UV Protection Essence. Cara menggunakannya tuangkan sunscreen ke jari, yaitu jari telunjuk, jari tengah dan 1 buku jari manis. Dengan menuangkan sunscreen ke jari, akan memudahkan untuk mengetahui takaran seberapa banyak sunscreen yang harus digunakan. Setelah sunscreen dituangkan, aplikasikan ke seluruh permukaan wajah. Gunakan sunscreen 30 menit sebelum keluar ruangan agar sunscreen dapat bekerja secara maksimal. Berhubung SPF dari sunscreen ini adalah SPF 50, maka aplikasikan kembali sunscreen setelah 8 jam kemudian untuk menghindari kulit gosong akibat terpapar sinar matahari.

2

Night Skincare Routine

Step 1. Gunakan Wardah Cleansing Micellar Water. Cara menggunakannya, tuangkan micellar water ke kapas, lalu aplikasikan ke wajah. Lakukan berulang hingga kotoran yang terangkat di kapas tidak begitu banyak.

Step 2. Gunakan Face Wash dari Hadalabo Tamagohada Mild Peeling Face Wash lalu bilas dengan air bersih.

Step 3. Gunakan toner dari Emina The Bright Stuff Toner. Cara menggunakannya sama seperti pada morning skincare routine.

Step 4. Gunakan toner dari Hada Labo Gokujyun Light Lotion for Oily Skin. Cara menggunakannya sama seperti pada morning skincare routine.

3

Untuk perawatan mingguan, gunakan masker dari Sensatia Botanicals Acne Clarifying Charcoal Mask setiap seminggu tiga kali. Cara menggunakannya aplikasikan secara tipis-tipis keseluruh permukaan wajah, terutama di area T-Zone (Hidung, dagu dan jidat) untuk mengontrol produksi minyak dan komedo berlebih. Hindari pemakaian di dekat mata karena masker ini mengandung mint, sehingga akan cenderung perih.

Jika ada jerawat yang muncul, kamu bisa menggunakan masker ini sebagai spot treatment. Cara menggunakannya, aplikasikan Sensatia Botanicals Acne Clarifying Charcoal Mask dalam jumlah yang sedikit, lalu totol-totolkan ke area jerawat dan biarkan semalaman. Lakukan secara berulang hingga jerawat hilang. Berdasarkan pengalamanku sih dalam 1-2 hari, jerawat sudah langsung hilang.

Nah itu dia seputar skincare untuk laki-laki, mulai dari stereotype kulit laki-laki yang katanya tahan banting, penjelasan dari dokter, rekomendasi produk dan urutan cara pemakaiannya.  Oh iya, produk-produk yang Aku rekomendasikan, selain bisa digunakan oleh laki-laki, bisa juga loh untuk wanita yang baru masuk ke dunia skincare tapi bingung harus beli dan pake produk apa aja.

Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua dan sampai jumpa lagi di post selanjutnya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s