[REVIEW] The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

IMG_8852

Kali ini Aku mau review salah satu serum yang lagi nge-hype di tahun 2017 ini. Menurut info sana sini, katanya serum ini tuh mampu mencerahkan kulit dan mengatasi permasalahan jerawat. Yup, dia adalah The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%.Cerita sedikit tentang brand The Ordinary, jadi mereka mengusung tagline “THE ABNORMAL BEAUTY COMPANY”. Dan ciri khas dari produk The Ordinary adalah straight forward, ga banyak cing-cong dengan menyediakan produk sesuai masalah kulit yang spesifik. Makanya gak heran, nama-nama produknya itu berasa lagi di Lab. Kimia. Awalnya agak overwhelming karena nama-nama yang asing dan harus banget nyari info di official websitenya untuk mencari tahu produk yang sesuai dengan permasalahan kulit kita, tapi setelah diiqro (red: Baca) secara seksama, akhirnya Aku memutuskan untuk membeli The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%.

Oh iya, menariknya karena brand The Ordinary sedang hype disini, makanya gausah heran kalo harga The Ordinary di Indonesia mahal, jauh dengan di luar negeri. Misalnya aja Aku beli The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% dengan harga Rp 209.000 padahal harga aslinya Rp 149.000. But again, itu ga membuat rasa penasaranku terhenti.

Deskripsi, kontradiksi dan catatan tentang The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% adalah:

Niacinamide (Vitamin B3) is indicated to reduce the appearance of skin blemishes and congestion. A high 10% concentration of this vitamin is supported in the formula by zinc salt of pyrrolidone carboxylic acid to balance visible aspects of sebum activity

Contraindications: If topical Vitamin C is used as part of skincare, it should be applied at alternate times with this formula (ideally Vitamin C in the PM and this formula in the AM). Otherwise, Niacinamide can affect integrity of pure-form Vitamin C (L-Ascorbic Acid).

Note: While Niacinamide and Zinc PCA reduce the look of blemishes and balance visible sebum activity, neither is a treatment for acne. For persistent acne-related conditions, we recommend the use of Benzoyl Peroxide and/or Retinoic Acid. We do not recommend the use of Salicylic Acid. This formulation can be used alongside acne treatments if desired for added visible skin benefits.

a

Pertama-tama bahas soal packaging dulu. Jadi packaging The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% dikemas dengan botol pipet berbahan glass bening dan doff dengan dominasi warna putih, sangat simple dan ga berisik. Pipet yang tersedia pun mampu berfungsi dengan baik dan so far there is no problem with packaging.

IMG_8858

Tekstur dari The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% mirip dengan gel namun lebih sedikit cair. Somehow mirip dengan teksturnya COSRX BHA Power Liquid. Ketika diaplikasikan ke kulit mudah menyerap dengan cepat dan ketika terserap sempurna akan meninggalkan kesan matte. Mungkin ini merupakan efek dari Niacinamide yang mampu mengontrol minyak di wajah.

c

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% hampir tidak ada wanginya, kalaupun ada itupun bukan wangi chemical yang sangat mengganggu. Wangi tersebut ada ketika benar-benar dihirup dari packagingnya, namun ketika sudah diaplikasikan wangi tersebut sudah tidak ada.

Berikut ini merupakan hasil analisa ingredients dari COSDNA.com

a

The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% ini memiliki dua main ingredients, yaitu:

  1. Niacinamide : Niacinamide bermanfaat untuk mendorong kekebalan kulit, meningkatkan kinerja kelenjar epidermis, mengurangi noda bekas jerawat dan kemerahan, mengontrol produksi kelenjar minyak, melindungi kulit dari paparan sinar uv, mengurangi hiperpigmentasi kulit, meminimalisir garis halus dan kerut di wajah dan memperbaiki kulit kusam dan pucat.
  2. Zinc: Zinc bermanfaat untuk mencegah timbulnya jerawat dan mempercepat hilangnya bekas luka/ jerawat.

Sudah sekitar 3 bulan Aku menggunakan The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%, overall Aku merasa produk ini benar-benar bekerja dengan baik. Meskipun The Ordinary gak memberikan janji-janji manis dan muluk-muluk disetiap produknya, tapi produk ini emang beneran sebagus itu!

Aku pernah menggunakan serum vitamin C OST.21,5 yang ngehype dimana-mana, tetapi selama Aku menggunakannya berbulan-bulan tidak memberikan perubahan apapun. Namun berbeda dengan The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% yang membuat kulit wajahku lebih rata warnanya dan juga cerah.

On the other hand, Aku belum begitu merasakan manfaat dari Zinc yang katanya mampu mencegah jerawat dan mengurangi bekas jerawat, karena suatu waktu, Aku punya jerawat karena sering terkena air hujan (Iya, kulit wajah Aku kalo ketemu air hujan suka gatel dan berujung jerawatan) dan bekas jerawatnya pun belum juga menghilang. Namun rasanya Aku tidak terlalu mempermasalahakannya karena masalah utama kulitku bukanlah jerawat. Atau bisa jadi kulit wajahku tidak cocok dengan kandungan Zinc, sehingga tidak mempan ketika ada jerawat.

Untuk penggunaan The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% agak tricky sih. Karena dulu Aku pernah sotoy pake ini setiap hari, alhasil timbul dry patches di wajah. Apalagi ketika Aku mengkombinasikannya dengan exfoliating toner yang presentasinya tinggi seperti Pixi Glow Tonic, alhasil dry patches di kulit wajah makin menjadi.

Namun ketika Aku mengurangi frekuensi penggunaan The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% menjadi 2 hari 1 kali di setiap malam dan mengkombinasikannya dengan exfoliating toner Emina The Bright Stuff Toner, hasilnya tidak ada lagi dry patches di wajah.

Oh iya, jangan pernah mengkombinasikan The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% dengan produk BHA, karena dikhawatirkan kulit wajahmu akan bermasalah karena over exfoliated.

Yang Aku suka dari produk ini adalah:

  1. Bekerja dengan baik, mampu mencerahkan dan meratakan warna kulit.
  2. Teksturnya ringan sehingga mampu menyerap dengan cepat
  3. Period AfterOpeningnya lama, yaitu 12 bulan a.k.a 1 tahun. Sehingga bisa dijadikan alternative untuk teman-teman yang tidak cocok dengan serum vitamin C yang biasanya Period AfterOpeningnya sekitar 3 bulan.
  4. Harganya affordable.
  5. Kemasannya tidak ringkih sehingga aman dibawa travelling.
  6. Penyimpanan serum yang cenderung lebih mudah dan tidak seribet serum Vitamin C.

Yang tidak Aku suka dari produk ini adalah:

  1. Sampai tulisan ini dibuat, belum merasakan manfaat dari kandungan zinc

Dengan segala hal yang membuatku suka dengan produk ini, tentu saja The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1% masuk dalam kategori must-have item di tahun 2017. Bagaimana? Tertarik mencoba?

b


The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Harga: Rp 209.000

Beli di: Benscrub

Berat: 30 ml

PAO: 12 bulan

Rate: 5/5


 

One thought on “[REVIEW] The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

  1. Baca review kakak ini, terima kasih udah review. Aku udah pakai ini dari bulan Oktober 2018 sih masih sebulan, tapi kata orang-orang sekitar kulitku sudah rata karena sebelumnya kulit sebelah bibir bawah agak ke pipi ngalamin macam “tratak”. Untuk mencerahkan sih masih belum terlihat mungkin harus nunggu minimal 3 bulan. Hhehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s