Mengenal Production Date, Expired Date dan PAO

Apa itu Production Date, Expired Date dan PAO?

Production Date, Expired Date dan PAO adalah istilah-istilah yang berkaitan dengan kadaluarsa dan biasa terdapat pada produk skin care atau make up. Mengingat setiap produk apapun yang kita gunakan, pasti memiliki pakai, ada baiknya kita mengenal ketiga istilah-istilah tersebut.

  • Production Date (Or Manufacture Date), sesuai namanya, production date adalah tanggal kapan produk ini dibuat di pabrik. Biasanya tanggal produksi ini tertera di kemasan atau di dus suatu produk. Biasanya production date atau manufacture date ditulis dengan singkatan MFE, MFG, M
  • Expired Date, menunjukkan kapan produk tersebut akan kadaluarsa dan jangan digunakan kembali. Biasanya tanggal, bulan dan tahunnya itu spesifik. Biasanya Expired date ditulis dengan singkatan EXP, E
  • Period After Opening (PAO), menunjukan berapa lama produk tersebut aman untuk digunakan setelah dibuka, kamu akan menemukannya pada kemasan produk dengan. Biasanya PAO tertera dengan logo atau gambar jar yang terbuka. Dan didalam logo tersebut terdapat tulisan misalnya 6M atau 12 M. Jika kamu concern dengan menggunakan produk yang natural preservative, makan konsekuensinya  PAO yang dimilikki biasanya tidak lebih dari 6 bulan.

Perbedaan Expired Date dan PAO?

Expired date dan PAO berkaitan dengan produk-produk yang terdapat pada skin care atau make up. Singkatnya gini, misalkan kamu membeli produk pada tahun 2017 dan produk tersebut memiliki expired date 15DEC2019 dan memiliki PAO 12M. Artinya produk tersebut masih dapat digunakan hingga tahun 2019 DENGAN CATATAN produk tersebut belum dibuka sama sekali dan masih tersegel rapat.

Namun jika kamu sudah membuka dan melepaskan segel dari produk tersebut, maka “kadaluarsa”-nya berubah menjadi tahun 2018, mengingat PAO dari produk tersebut hanya 12M atau 12 bulan saja.

Contoh Manufacture Date, Expired Date dan POA pada suatu produk

IMG_5384.JPG

Pixi Glow Tonic memiliki PAO selama 12 bulan yang artinya masa pakainya hanya 1 tahun, berdasarkan info dari Benscrub dan official statement dari Pixi sendiri, expired date tidak dicantumkan dalam kemasan. Sehingga acuannya berdasarkan keterangan PAO tersebut. Sedangkan tanggal yang ada dibawah kemasan, itu merupakan tanggal batch number.

IMG_5392

Sedangkan untuk Innisfree Super Pore Clay Mask memiliki PAO selama 9 bulan saja. Yang artinya produk tersebut hanya memiliki masa pakai 9 bulan.

Untuk Produk yang tidak ada keterangan PAO, kamu bisa cek langsung ke official websitenya. Contohnya saja produk Benton seperti dibawah ini.

IMG_5386.JPG

Produk Benton Fermentation Essence memiliki tanggal manufacture Date 30 November 2016 dan Expired Date 29 Mei 2018. Untuk Benton Fermentation Essence memiliki PAO selama 6 bulan, seperti yang ada di official websitenya disini.

Capture.JPG

Dampak menggunakan produk yang melewati batas PAO dan kadaluarsa

Apabila produk yang kita gunakan lewat dari PAO, maka efektifitas dan performa dari produk tersebut sudah pasti berkurang bahkan kita tidak lagi bisa merasakan manfaatnya.

Sedangkan apabila masih menggunakan produk yang sudah kadaluarsa, tentu akan sangat berbahaya untuk kulit kita, seperti:

  • Kulit menjadi iritasi. Seperti gatal-gatal dan kemerahan. Bahkan lebih parahnya lagi kulit rasanya seperti terbakar.
  • Apabila menggunakan produk untuk mata yang sudah kadaluarsa, (misalnya seperti eye cream, pelembap wajah yang diaplikasikan juga ke mata, mascara, eyeshadow, eyeliner dan eye shadow base). Maka bakteri tersebut akan masuk ke dalam mata dan mengakibatkan mata kita terinfeksi.
  • Apabila menggunakan produk untuk bibir yang sudah kadaluarsa, (misalnya lip liner, lipgloss, lipstick atau lipmask), maka bibir kita bisa terjadi pecah-pecah atau lebih buruknya terjadi pembengkakkan.

Cara mudah mengantisipasi agar produk yang digunakan tidak melebihi PAO

Cara termudah untuk mengantisipasinya adalah dengan menempelkan tulisan kapan produk tersebut untuk pertama kalinya dibuka. Sehingga hal ini akan mempermudah kamu dalam mengidentifikasi kapan produk tersebut PAOnya akan habis.

Solusi jika lupa kapan terakhir kali membeli suatu produk

Apabila kamu lupa kapan tanggal yang tepat pada saat kamu membuka produk tersebut. Solusinya adalah:

  • Jika kamu membeli produk tersebut secara online, cek kembali transkaksi di website tesebut dan lihat tanggal berapa kamu memesan dan jenis ekspedisi apa yang telah kamu pilih.
  • Jika kamu membeli produk tersebut secara offline/ datang langsung ke toko, jika kamu tidak mampu mengingat tanggal berapa, cobalah ingat-ingat kembali kamu membeli produk tersebut pada bulan apa.

Lalu, bagaimana jika tulisan expired date dan PAO di packaging sudah hilang?

  • Pertama, temukan kode produksi pada produk tersebut. Biasanya ada di bawah kemasan
  • Kedua, buka website http://checkcosmetic.net/
  • Ketiga, pada opsi “Select Brand”, pilih brand yang sesuai dengan produk yang kamu milikki
  • Keempat, masukan kode produksi pada kolom “Enter Code”
  • Kelima, klik calculate.
  • Keenam, setelah hasilnya keluar, jangan lupa dicatat agar tidak kelupaan.

Misalnya, untuk salah satu produk dari Bourjois yaitu Bourjois Rouge Velvet.

IMG_5389.JPG

Karena produk ini memang tidak dikemas dengan dus dan keterangan expired & manufacture datenya sudah hilang, maka dengan adanya Cosmetic Calculator ini sangatlah membantu.

2

Brands yang bisa di deteksi oleh http://checkcosmetic.net/ yaitu

1

2

3

4

5

6

7

Nah, dengan mengetahui kapan tanggal Manufacture Date, Expired Date dan PAO, semoga kita semakin lebih aware dengan produk-produk yang akan kita gunakan ataupun kita beli.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s