[REVIEW] DIY Masker Kunyit

Jadi, Sudah terhitung lima bulan lamanya sejak bulan Februari Aku menggunakan serum OST C21.5, yaitu serum yang pernah hype di negeri Korea sana. Setiap liat di beauty forum Korea atau review di youtube, banyak yang bilang produk itu bagus. Namun, rasanya selama Aku menggunakan produk itu, tidak memberikan efek apapun di wajah. Padahal Aku berharap bahwa serum ini bisa mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata dan kusam.

Akhirnya Aku pun cari tau tuh bahan yang bisa mengatasi masalah kulit wajah yang Aku alami dan akhirnya Aku menemukan bagaimana caranya. Ya! yaitu kunyit.

Kenapa harus Kunyit?

Karena kunyit dapat mengatasi hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari, melembapkan kulit, mencerahkan luka atau noda jerawat, sebagai anti-aging karena mengandung antioksidan, membersihkan kulit wajah, mencerahkan kulit, mengatasi penyakit kulit seperti eksim, ruam dan psoriasis dan juga mencegah kanker kulit

Kalo kalian searching DIY Mask pasti deh rata-rata pake kunyit. Awalnya Aku agak skeptis karena kan kunyit agak ribet ya, kalo ga bisa meraciknya bisa bikin kulit kuning-kuning. Tapi Aku ga nyerah gitu aja, Aku pun searching lagi gimana caranya kunyit ini ga gengges kalo udah dibersihin dan ga ninggalin kuning-kuning.

Aku bakalan ceritain pengalaman sebanyak 7 kali pake masker dengan bahan dasar kunyit. Mulai dari gagal meracik hingga nemu racikan yang pas. So here we go!

  • Pemakaian PertamaPemakaian pertama, Aku masih newbie banget. Bingung ngeraciknya gimana. Yaudah deh sotoy aja. Aku Cuma pake kunyit 1 sendok makan teh dan air kira-kira 15 sendok makan. Terus diaduk hingga berbentuk pasta dan diaplikasiin ke muka. Hasilnya? 5 menit kemudian ada rasa tingling banget dimuka, ga pedih sih cuma kaya yang gerenyem-gerenyem gitu (Halah apaan itu gerenyem-gerenyem hahaha). Akhirnya Aku menyerah karena rasanya gaenak banget.

Aku bilas masker tadi pake air hangat lalu Aku pake 5 layer hydrating toner karena lumayan ngerasa kulit wajah agak kering. Besoknya surprisingly kulit wajah seharian ga berminyak alias hinyai, padahal kulit wajah Aku tuh biasanya sore menjelang malam itu hinyai alias berminyak. Selain itu, jerawat di hidung yang sempat tumbuh karena kehabisan exfoliating toner pun perlahan mulai mengering

Pemakaian Kedua

Keesokannya, berbekal pengalaman di hari pertama, Aku pun menambahkan beberapa bahan-bahan yang membuat masker kunyit ini lebih emejing. Yaitu Aku menambahkan oatmeal, kopi, tepung beras, olive oil yang EVOO, madu dan susu. Lalu campurkan semua bahan itu jadi satu dan diaplikasiin ke muka. Setelah 20 menit, bilas menggunakan air hangat. Nah setelah dibilas, Aku merasa kulit wajah lebih bouncy alias kenyal dan ga ngerasa kering. Setelah itu, sebelum tidur seperti biasanya Aku mengaplikasikan Benton Steam Cream. Surprisingly, Benton Steam Cream yang teksturnya super thick dan biasanya tuh bisa meresap diatas 40 menit, setelah maskeran pake bahan-bahan tadi, Cuma butuh sekitar 10 menit aja untuk meresap. Emejing sekali~

Bahkan ketika keesokan harinya di pagi hari, ketika Aku menggunakan eye cream dari Laneige Water Bank Eye Gel, Moisturizer dari Benton Snail Bee High Content Lotion dan Sunscreen dengan tekstur yang thick dari Innisfree Perfect UV Protection SPF 50 semuanya menyerap ke kulit lebih cepat dari biasanya.

Pemakaian Ketiga

Keesokan harinya, Aku masih menggunakan campuran seperti pada pemakaian ke 2. Setelah Aku membilas masker yang sebelumnya sudah diaplikasikan, Aku ngerasa bahwa bumps  akibat keringat di wajah mulai menghilang lalu kulit wajah rasanya menjadi lebih lembap dan halus.

Pemakaian Keempat

Pada pemakaian keempat Aku mencoba adonan yang berbeda. Yaitu menggunakan yougurt sebagai bahan pencampurnya. Selain yougurt, Aku pun menggunakan oatmeal, olive oil, madu dan tepung beras. Ketika maskernya sudah diaplikasikan ke wajah, entah kenapa rasanya agak sedikit tingling dan rasa kurang nyaman namun tidak seburuk pada pemakaian pertama.  Akhirnya setelah 5 menit menggunakan masker, Aku pun memutuskan untuk membilasnya. Namun, untungnya ketika sudah dibilas, wajah terasa segar dan rasanya benar-benar enak ketika memegang-megang kulit wajah.

Pemakaian Kelima

Pada pemakaian kelima, Aku menggunakan adonan sama seperti pemakaian kedua. Hanya saja Aku menggunakan yougurt sebagai bahan campurannya. Lalu, setelah membilas masker tersebut, jerawat yang sebelumnya ada di hidung perlahan-lahan mulai memudar

Pemakaian Keenam

Pada pemakaian keenam, Aku menggunakan campuran kunyit, kopi, oatmeal, tepung beras, olive oil dan yougurt. Hasilnya Aku ngerasa kulit jauh lebih halus dan kenyal. Perlahan-lahan warna kulit yang di sekitar dagu mulai merata.

Pemakaian Ketujuh

Pada pemakaian ketujuh, Aku menggunakan adonan seperti pemakaian keenam. Hasilnya, bekas jerawat 100% menghilang dan ada kurang lebih 5 orang (Ibu, Kakak, Ayah dan 2 teman) yang mengatakan bahwa kulit wajahku jauh lebih cerah dibanding sebelumnya.

Final Tought

Aku cukup puas dengan performa si masker kunyit ini. Karena selama Akumenggunakan masker kunyit sebanyak 7 kali saja, Aku sudah bisa merasakan manfaatnya. Seperti kulit wajah yang mulai rata, mencegah tumbuhnya jerawat, mengeringkan jerawat, menghilangkan bekas jerawat, pemakaian skincare menjadi lebih cepat menyerap ke kulit, melembapkan kulit serta mengontrol sebum di wajah.

Bahkan jika disuruh compare, Aku lebih suka menggunakan masker kunyit dibanding menggunakan Innisfree Super Pore Clay Mask. Selain itu, efek si masker kunyit ini pelan tapi pasti memberikan hasil yang nyata, tidak seperti serum OST C21.5.

Selain itu, masker kunyit ini selain untuk muka, bisa digunakan untuk tangan, kaki atau di tempat lain yang dirasa perlu. Bahan-bahan yang digunakan pun bukan termasuk bahan yang mudah kadaluarsa serta termasuk mudah soal penyimpanan, berbeda jika menggunakan bahan pepaya, tomat, alpukat, telur dll.

Komposisi yang di Rekomendasikan

Menurut salah satu blog yang pernah Aku baca, DIY masker yang bagus itu adalah kombinasi antara bahan utama dan menyesuaikan bahan pencampur dan bahan tambahan dengan kondisi kulit. Untuk itu, komposisi masker yang sangat Aku rekomendasikan adalah sebagai berikut.

DIY (1)

Bahan Utama

Bahan utama adalah bahan yang wajib Kamu gunakan. Karena tiap-tiap bahannya memiliki peranan penting masing-masing. Terus, campuran dari bahan-bahan utama ini dapat digunakan hingga lebih dari 10 kali pemakaian. Bahan-bahan utamanya Yaitu:

Kunyit

Fungsi: Bahan Utama

Manfaat: Pengobatan jerawat, mengatur produksi sebum (minyak) pada wajah, mengurangi wrinkles, anti-aging, menghilangkan sel kulit mati, sebagai antiseptik untuk kulit, meratakan dan mencerahkan kulit

Kopi

Fungsi: Meredakan rasa tingling karena kunyit

Manfaat: Mencerahkan kulit wajah, mengontrol sebum di wajah, mengecilkan pori-pori di kulit, menyamarkan noda bekas jerawat, menghaluskan dan melembutkan kulit sera mengatasi masalah komedo dan jerawat

Oatmeal

Fungsi: Agar tidak meninggalkan warna kuning di kulit akibat kunyit

Manfaat: Mengecilkan pori-pori, mengatasi jerawat, exfoliator alami dan mengontrol sebum di wajah

Tepung Beras

Fungsi: Agar tidak meninggalkan warna kuning di kulit akibat kunyit

Manfaat: mengontrol sebum di wajah, mengencangkan kulit, mengurangi jerawat dan mencerahkan kulit

 Bahan Pencampur

Bahan pencampur adalah bahan yang digunakan untuk mencampurkan bahan-bahan utama. Pemilihan bahan pencampur dapat disesuaikan dengan kondisi kulit serta budget yang dimiliki.

Susu

Fungsi: Sebagai bahan pencampur. Cocok untuk jenis kulit normal dan berminyak

Manfaat: Mengontrol sebum di wajah dan mencerahkan kulit

Yougurt

Fungsi: Sebagai bahan pencampur. Cocok untuk jenis kulit normal dan kering

Manfaat: Melembapkan dan mencerahkan kulit, mengangkat sel kulit mati, meratakan warna kulit, anti aging, melawan infeksi kulit dan memulihkan kulit akibat terbakar sinar matahari

Air Mawar

Fungsi: Sebagai bahan pencampur. Cocok untuk semua jenis kulit

Manfaat: Melembapkan dan menghaluskan kulit

Air Mineral

Fungsi: Sebagai bahan pencampur. Cocok untuk semua jenis kulit. Air mineral digunakan apabila susu, yougurt atau air mawar dirasa terlalu memberatkan.

Bahan Tambahan

Bahan tambahan ini adalah bahan yang tidak wajib digunakan namun apabila digunakan, hasilnya akan jauh lebih maksimal.

Olive Oil

Fungsi: Sebagai bahan pencampur. Cocok untuk jenis kulit kering dan normal

Manfaat: Melembapkan dan mencerahkan kulit wajah

Madu

Fungsi: Sebagai bahan pencampur. Cocok untuk semua jenis kulit

Manfaat: Melembapkan kulit wajah, menghilangkan jerawat dan noda jerawat, memutihkan kulit wajah, anti-aging dan mengecilkan pori-pori kulit wajah.

Nah, kalo Aku pribadi yang memiliki kulit normal lebih merasa nyaman dan cocok menggunakan bahan utama yang dicampur dengan yogurt serta menambahkan olive oil. Karena yogurt memberikan sensasi dingin di wajah atau jika terlalu mager untuk beli yogurt, Aku akan menggunakan air galon sebagai bahan pencampurnya. Lalu olive oil memiliki kemampuan melembapkan jauh lebih baik dibanding menggunakan madu.

Biasanya Aku mencampurkan bahan utama tersebut lalu menaruhnya di wadah berukuran sedang dan disimpan di tempat yang kering. Sehingga jika Aku akan menggunakannya, cukup menuangkan adonan bahan utama tadi ke piring kecil dan menambahkan yougurt serta olive oil.

IMG_3837.JPG

IMG_3841

Frekuensi Pemakaian yang Dianjurkan

Frekuensi pemakaian yang dianjurkan adalah maksimal seminggu 3 kali. Karena jika digunakan tiap hari dikhawatirkan kulit akan mengalami eksfoliasi yang berlebihan.

Last…

Oh iya, semua bahan-bahan tadi kalau di totalin ga akan lebih dari Rp 100.000 loh! Terus, semua bahan utama dan bahan tambahan tersebut dapat digunakan untuk pemakaian kurang lebih 1 tahun. Jadi jauh lebih ekonomis dibanding membeli masker yang sudah jadi dan terjual bebas di pasaran.

Tertarik mencoba? 🙂


WARNING!!!

  • Jika akan menggunakan masker kunyit, sebaiknya dilakukan pada malam hari. Karena kunyit memiliki sifat eksfoliasi sehingga membuat kulit kita sensitif ketika berada dibawah terik matahari.
  • Ketika ingin membilas wajah setelah menggunakan masker kunyit, gunakan oil-based cleanser atau bisa juga memakai minyak kelapa, minyak zaitun atau baby oil. Hal ini dimaksudkan agar membersihkan 100% kuning-kuning di wajah akibat kunyit.

 

29 thoughts on “[REVIEW] DIY Masker Kunyit

    • Hai Ajeng salam kenal ya 😀
      Kalo aku pribadi sih tergantung tujuannya. Kalo lagi engga pengen eksfoliasi, aku ga akan ngemassage muka. Jadi cuma di wash-off aja.

      Tapi, in case kalo kulit tuh rasanya “kotor” banget, baru deh pas sebelum di wash-off, aku kasih sedikit cipratan air ke muka dan di massage pelan-pelan, baru di wash-off.

      Semoga membantu ya 😉

      Like

  1. […] Nah, Aku udah pake produk ini sekitar 7 bulan dan final resultnya adalah untuk klaim membuat wajah lebih cerah dan membersihkan wajah menurutku so-so sih performanya. So-so disini maksudnya ya biasa aja, ga bagus-bagus banget tapi ga jelek juga. Selama 7 bulan menggunakan produk ini, hasil yang dijanjikan pun sangat lama sekali progressnya. Untuk efek mencerahkan wajah rasanya tidak ada perubahan yang berarti, karena Aku tidak memiliki pori-pori yang besar, Aku jadi tidak bisa notice apakah masker ini berpengaruh atau tidak. Namun untuk hasil yang di klaim tidak secepat masker kunyit yang pernah Aku bahas disini. […]

    Like

    • Halo Dian, Terima kasih sudah mampir. Masker kunyit kalo efeknya di Aku pribadi bisa mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, bikin jerawat kempes dan mengontrol sebum di wajah. Cuma, untuk menghilangkan bekas jerawat membutuhkan waktu yang lebih lama.

      semoga membantu ya 🙂

      Like

    • Halo, terima kasih sudah berkunjung.
      so far, dia ngefek banget di Aku, dan Aku lebih suka masker kunyit dibanding Innisfree Super Pore Clay Mask untuk hasil membersihkan wajah dan mencerahkan wajah.
      Semoga bisa terjawab ya 🙂

      Like

    • Assalamu’alaikum..
      Kak.. salam kenal,, 🙂
      Sya tertarik banget pengen coba maskernya, tapi saya takut klo pke bubuk kopi soalnya dia kan agak kasar gitu… soalnya wajah sya sensitif.. kecuali klo buat body scrub baru enak,,,
      Naaaah kalo bubuk kopinya diganti sama bubuk coklat bisa gk kak ?? Takarannya sama aja kah ??

      Like

  2. Hai kak aku suka deh resep masker kakak, dan udah aku coba juga hehe. kalo boleh tau cara ngebilas maskernya sampe bersih gimana ya kak? aku udh pake scrub tapi masih keliatan kuning kuningnya. Kalo kakak pake produk cleanser apa? aku pake bahan utama yang sama kecuali oatmeal dan kopi, menurut kakak kopi ngaruh mengurangi kuning akibat pemakaian itu ga kak?

    Makasih banyak kak

    Like

    • Halo Ryani, Terima kasih sudah berkunjung ya.
      1. Untuk menghilangkan warna kuning di wajah, direkomendasikan pake cleanser yang oil based. Tapi alternatif yang lebih affordable bisa dicoba pake minyak zaitun atau baby oil. Lalu, cleansernya dibilas pake air hangat kuku
      2. kalo menurutku, kopi dan oatmeal mengurangi efek kering yang dihasilkan dari kunyit, terus dia juga membantu biar mengurangi warna kuning-kuning.

      Semoga bisa terjawab ya pertanyaannya 🙂

      Like

    • Halo siapapun kamu, terima kasih sudah mampir ya 🙂
      Aku pake masker ini selain buat wajah, buat badan juga. Semoga bisa terjawab ya pertanyaannya

      Like

  3. hai, pengen nyoba masker kunyit ini soalnya udh ga tahan sama jerawat dan bekas2nya huhu. sebelum nyoba mau nanya oatmealnya gak perlu diseduh lagi kn ya?

    Like

    • Halo Kirana, terima kasih sudah mampir ya.
      Untuk perbandingannya (Atau mungkin resepnya) sudah tertera di foto postingan di atas. Mungkin karena tulisannya kecil jadi kurang terlihat. Semoga pertanyaannya bisa terjawab ya.

      Like

    • Halo Melina, terima kasih sudah mampir ya.
      Untuk perbandingannya (Atau mungkin resepnya) sudah tertera di foto postingan di atas. Mungkin karena tulisannya kecil jadi kurang terlihat. Semoga pertanyaannya bisa terjawab ya.

      Like

    • Halo Melina, terima kasih sudah mampir lagi. Iya gapapa, mungkin karena saya buatnya terlalu kecil jadi kurang terlihat. Selamat membuat maskernya ya 🙂

      Like

      • Bahan2 yang ada di gambar itu merk nya yang bneran kaka pakai?? Bukannya bubuk kunyit yang di gambar itu semacam buat pewarna masakan juga ya ka?

        Like

      • Halo Annisa, terima kasih banyak sudah mampir~
        Iya bahan-bahan yang ada disana yang beneran Aku pakai. Aku menggunakan bubuk kunyit karena lebih mudah dan praktis untuk dipakai dibandingkan dengan mengolah kunyit dari awal. Semoga bisa membantu yaa.

        Like

  4. halo kak, aku mau tanya nih kalo maskeran pake kunyit yg di tumbuk doang apa gak boleh? kan udah keluar airnya itu?
    harus pake oatmeal/kopi/susu gitu kah segala macem?

    Like

  5. Halo, aku pengen nyobain resep kamu. Untuk bahan pencampur nya bisa dipake salah satu aja kan? Gk usah semua? Trims.

    Like

  6. Assalamu’alaikum..
    Kak.. salam kenal,, 
    Sya tertarik banget pengen coba maskernya, tapi saya takut klo pke bubuk kopi soalnya dia kan agak kasar gitu… soalnya wajah sya sensitif.. kecuali klo buat body scrub baru enak,,,
    Naaaah kalo bubuk kopinya diganti sama bubuk coklat bisa gk kak ?? Takarannya sama aja kah ??
    Makasih…
    Wassalamu’alaikum…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s