All About Double Toning

IMG_3877.JPG

First thing first, kenapa sih harus double toning? Emangnya penting ya?

Penting. Penting banget malah. Karena sehabis Kita mencuci wajah pH balanced di kulit wajah tuh menjadi hilang. As you know, pH kulit itu berperan dalam kesehatan kulit kita atau untuk selengkapnya bisa dibaca disini. Nah, dengan menggunakan toner maka pH balanced dan kelembapan kulit Kita bisa kembali. Sehingga kulit Kita ga rentan dengan hal-hal yang bikin kulit menjadi breakout atau timbul masalah-masalah kulit lainnya.

In short, fungsi toner itu yaitu:

  1. Mengembalikan kondisi kulit setelah melakukan 2nd cleansing
  2. Mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit wajah
  3. Mengembalikan dan memberi hidrasi atau kelembapan untuk kulit wajah
  4. Mempersiapkan kulit kita untuk menerima sehingga produk yang selanjutnya Kita gunakan akan mudah menyerap dan bekerja secara maksimal.

Tapi…

Tapi sayangnya jarang banget deh sebuah produk toner yang mampu memberikan 4 fungsi yang udah disebutin di atas. Bahkan kalo boleh jujur, Aku belum pernah nemu produk toner yang sedahsyat itu. Atau jangan-jangan, emang ga ada ya?

That’s Why You Need Double Toning

Nah, karena toner yang mampu mencakup 4 fungsi itu tuh ga ada (atau mungkin sulit mencarinya) maka itulah kenapa double toning itu sangat penting. Ada dua jenis double toning yang perlu kamu ketahui, yaitu

STEP 1. EXFOLIATING TONER

Dalam penggunaannya, Exfoliating Toner atau Acid Toner adalah produk toner pertama yang digunakan setelah 2nd cleansing atau membersihkan wajah. Gunanya untuk  mengembalikan kondisi kulit setelah melakukan 2nd cleansing dan mengangkat sel-sel kulit mati dari permukaan kulit wajah.

Karena nama lain Exfoliating Toner adalah Acid Toner, sudah barang tentu kalo produk ini mengandung salah satu acid. Ada tiga jenis acid yang terdapat pada produk Exfoliating Toner. Yaitu:

  • AHA (Glycolic Acid, Lactic Acid, Malic Acid, Citric Acid dan Mandelic Acid)

Exfoliating toner yang mengandung AHA dengan jenis Lactic Acid dikhususkan untukmu yang memiliki kondisi kulit yang kering. Sedangkan jenis Glycolic Acid cocok untuk semua jenis kulit untuk resurfacing dan membantu produksi kolagen. Persentasi yang diperlukan dan disarankan untuk Exfoliating toner yang mengandung AHA sekitar 5%-8% kandungan aktif

  • BHA (Salicylic Acid dan Betaine Salicylate)

Exfoliating toner yang mengandung BHA dikhususkan untukmu yang memiliki kondisi kulit yang berminyak dan ingin mengatasi masalah komedo. Karena kandungan oil sulble dapat menembus kedalam pori-pori dan mampu membersihkan komedo serta minyak. Persentasi yang diperlukan dan disarankan untuk Exfoliating toner yang mengandung BHA sekitar 1%-2% kandungan aktif

  • PHA (Gluconolactone dan Lactobionic Acid)

Exfoliating Toner yang mengandung PHA ini cocok untukmu yang memiliki kulit sensitif dan kering. Karena dapat membantu untuk penetrasi kulit

(Disclaimer: Acid ini bekerja efektif pada pH tertentu. Kalau kurang atau lebih, hasilnya akan tidak efektif dan tidak bekerja sebagaimana mestinya. Angka pH yang aman berkisar 3-4) 

STEP 2. HYDRATING TONER

Pernah ga setelah cuci muka, Kamu ngerasa kulit wajah tuh kering? Nah that’s why hydrating toner exist. Dalam penggunaannya, Hydrating Toner adalah produk kedua yang digunakan setelah menggunakan exfoliating toner. Gunanya untuk mengembalikan dan memberi hidrasi atau kelembapan untuk kulit wajah dan mempersiapkan kulit kita untuk menerima sehingga produk yang selanjutnya Kita gunakan akan mudah menyerap dan bekerja secara maksimal.

Ingredients yang terkandung pada Hydrating Toner adalah ingredients yang mampu melembabkan serta menjaga elastisitas kulit wajah dan juga mampu membuat rasa tenang ketika memakainya. Ingredientsnya bisa mengandung Hylaruronic Acid atau Glycerin.

MY EXPERIENCE

Sudah beberapa bulan Aku rutin melakukan Double Toning. Exfoliating Toner yang Aku gunakan dari COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner dan Hydrating Toner dari Dear Klairs Supple Preparation Facial Toner. Alasan Aku menggunakan COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner, karena produk ini adalah exfoliating toner yang paling mild dan bekerja sangat efektif, ditambah lagi harganya yang affordable. Lalu, alasan Aku menggunakan produk Dear Klairs Supple Preparation Facial Toner karena Aku penasaran dengan kualitas produk ini. Soalnya produk ini tuh 2 kali berturut-turut sebagai best Hydrating Toner dari Soko Glam dan Wishtrend. Daebak~

Well, Aku pernah melakukan sebuah percobaan untuk membuktikan manfaat Double Toning dan Double Cleansing. Jadi, karena rasa penasaran itu, secara sengaja Aku memunculkan jerawat di wajah. Karena kulit wajahku once in a blue moon untuk soal jerawatan maka jalan satu-satunya untuk memunculkan jerawat adalah membiarkan kulit wajahku kotor. Selama percobaan itu, Aku tidak pernah membersihkan dan mencuci wajah sama sekali selama 4 hari berturut-turut sehingga muncullah jerawat di hidungku.

Setelah jerawat itu muncul, lalu Aku secara rutin melakukan double cleansing dan double toning. Hasilnya? Jerawatku mulai mengempes pada hari ke 2 dan menghilang tanpa bekas 5 hari setelahnya. Dahsyat sekali sodara-sodara~

Dari percobaanku itu dapat disimpulkan bahwa kegiatan Double Cleansing dan Double Toning ini banyak manfaat yang bisa Kita dapatkan. Pokonya, once You do it, You’ll never can stop it deh.

Semoga informasi yang Aku berikan ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua yaa~

 

3 thoughts on “All About Double Toning

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s