How To Read Ingredients Label

Pernah ga sih temen-temen denger sebuah brand yang menggadang-gadang kalo ingredients utama yang mereka gunakan alami dan vegan? Pasti pernah dong ya, apalagi brand-brand tersebut merupakan brand yang besar dan sudah ada sejak lama.

Atau, misalkan ada sebuah brand yang mengklaim menggunakan vitamin C sebagai bahan utamanya sehingga efektif mencerahkan wajah.

Tetapi, apakah teman-teman pernah menelisik lebih dalam tentang kebenarannya?

Ingredients label merupakan dasar utama apakah klaim dari berbagai brand tersebut sesuai dengan janjinya atau tidak. Cara membacanya pun mudah sekali. Misalkan sebuah brand A menawarkan sebuah produk pelembab dengan kandungan Avocado. Nah, yang perlu kamu lihat di ingredients listnya adalah apakah tulisan Avocado ini ada di list teratas atau tidak. Jika tulisan Avocado berada di list paling atas artinya kandungan Avocado ini merupakan kandungan yang paling banyak. Namun, jika tulisan Avocado berada di list paling bawah maka kandungannya paling sedikit.

Sedikit ilustrasi, beberapa waktu lalu Aku sedang mencari eye cream lalu Aku melirik brand Kiehl’s dengan produk Creamy Eye Treatment with Avocado. Klaim dari produk ini adalah “Sebuah krim perawatan mata yang merawat kelembaban dengan kandungan Minyak Alpukat”. Karena merasa tertarik sekaligus penasaran, Aku pun melihat ingredientsnya.

1.JPG
Ingredients dari Kiehl’s Avocado Eye Cream (http://bit.ly/2r7Iv3k)

Namun, Aku merasa kurang puas dengan informasi ingredients yang website Kiehl’s berikan. Sehingga Aku mencari website lain yang memuat full ingredients dari produk ini. Dari MakeupAlley, Aku menemukan full ingredientsnya sebagai berikut.

2.JPG

Sayangnya, ketika Aku melihat ingredients listnya ternyata tidak sesuai ekspetasi. 3 jenis ingredients yang ada di website Khiel’s yang awalnya kukira akan ada di list teratas pada kenyataannya tidak. Sehingga kesimpulan akhirnya Aku tidak jadi membeli produk ini.

Lalu, setelah Kamu mengetahui bagaimana cara membaca Ingredients label, Kamu bisa menggunakan website cosDNA.com untuk mengetahui fungsi, keamanan serta potensi menimbulkan jerawat dan iritasi dari suatu ingredients. Data yang cosDNA gunakan sumbernya dari International Experts, Institusi dan berbagai publikasi.

Untuk Kamu yang penasaran gimana caranya, yuk simak berikut ini (ps: baca captionnya ya gaes)

1.JPG
Pertama, Kamu ketik nama produk yang ingin kamu cari. Lalu klik “Find Cosmetic”
2.JPG
Kedua. Pilih analisa yang terbaru
3.JPG
Ketiga, Analisa setiap ingredientsnya telah muncul

Di website cosDNA.com memuat beberapa kolom. Seperti Ingredient, Function, Acne, Irritant dan Safety. Apa maksud dari semuanya? Mari Kita paparkan~

Ingredient ini menginformasikan dengan jelas kandungan apa aja yang ada di dalam produk ini,  dimana list paling atas merupakan kandungan terbanyak hingga list paling bawah yang kandungannya paling sedikit.

Function menginformasikan apa aja sih fungsi dari tiap-tiap ingredientsnya

Acne & Irritant menginformasikan seberapa besar potensi dari setiap ingredients untuk menimbulkan jerawat atau iritasi kulit. Indeksnya adalah 0-5, semakin rendah semakin baik dan semakin rendah indexnya akan mengurangi potensi jerawat atau iritasi terjadi.

Safety menginformasikan tentang keamanan dari masing-masing masing ingredients. Safety indexnya dari 1-9, semakin rendah indexnya artinya semakin aman. Nah, menurut keterangan cosDNA disini, safety index merupakan fokus tentang keamanan penggunaan jangka panjang dan berdasarkan CIR, RTECS, FDA dan informasi terkait lainnya.

Sebenarnya, membaca ingredients label ini bukan tanpa tujuan loh. Karena, ketika Kamu mampu membaca ingredients label, Kamu akan mengetahui apakah produk yang akan Kamu beli sesuai dengan klaim yang diberikan atau tidak.

Selain, Kamu menjadi tahu fungsi dari setiap ingredients. Kamu pun jadi tahu apakah ingredients dari produk yang Kamu beli berpotensi menimbulkan jerawat dan iritasi atau tidak. Sehingga, Kamu akan membeli produk sesuai kebutuhan Kamu dan menghindari dirimu dari yang namanya “tertipu iklan”.

Nah, semoga informasi diatas dapat membantu Kamu ketika hendak membeli skin care ataupun kosmetik ya.

 

3 thoughts on “How To Read Ingredients Label

  1. […] Berkat sering-sering blogwalking, Saya akhirnya tau kalo ada website emejing nan kece yang bisa mengetahui tingkat keamanan suatu produk dan keguanaan tiap-tiap ingredientnsya. Yup namanya adalah cosdna.com. Semua informasi tentang ingredients bisa dengan mudah didapatkan di website tersebut. Setelah tau ingredientsnya lalu Saya membandingkan dengan klaim produk tersebut. Atau kalian bisa baca postingan sebelumnya tentang Skin Care 101: How To Read Ingredients Label […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s